Stok Vaksin COVID-19 Cukup, Menkes Minta Masyarakat Segera Vaksinasi

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa vaksin COVID-19 yang dipakai di Indonesia terbukti efektif untuk menangani varian COVID-19, khususnya varian Delta.(23/6/2021).

“Manfaat vaksinasi sudah terbukti. Mumpung sekarang vaksinnya makin banyak tersedia, masyarakat tidak usah ragu-ragu lagi untuk segera vaksinasi,” kata Menkes Budi.

Menkes Budi berpesan bahwa masyarakat harus terus disiplin mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Selain mobilitas yang tinggi, lanjut Menkes Budi, lonjakan kasus pasca Lebaran tahun ini yang melebihi kenaikan kasus pasca liburan Lebaran dan Natal serta Tahun Baru 2020 juga dipicu oleh adanya Varian of Concern COVID-19 yang telah masuk ke Indonesia.

Menkes Budi mengatakan bahwa varian ini memang lebih cepat menular, tetapi cara menurunkan laju penularannya sama yakni dengan tidak lelah, tidak bosan, dan tidak abai dengan prokes 3M.

“Saya mengimbau kepada masyarakat masih ada momentum libur-libur lain kedepannya, tolong untuk tinggal di rumah saja agar kita bisa melindungi keluarga, tetangga, dan orang terdekat dari penularan COVID-19 ini,” kata Menkes Budi.*(fd)

Posting Komentar