Langkah Cerdas, Penerima BLT Bayurkidul Jadi Sasaran Vaksinasi

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT) tahap 3 tahun 2021 Desa Bayurkidul, Kecamatan Cilamaya Kulon jadi sasaran vaksinasi Covid-19. Mereka yang berusia di atas 51 tahun, di giring ikut serta vaksinasi jelang pengambilan BLT bersama Puskesmas setempat.
Kades Bayurkidul Saat Memberikan Arahan Kepada Calon Penerima BLT terkait Vaksinasi


"Para penerima BLT ada 161 orang, dan usia lansia yang menerima BLT tersebut, ada sekitar 59 orang. Jadi mereka tidak tahu ada vaksinasi, tapi kita berikan pemahaman dan sosialisasi bahwa vaksinasi tidak langsung diberikan, karena ada tahapan screening dulu layak atau tidaknya melalui pemeriksaan medis. Alhamdulillah sebagian dari penerima terjaring ikut vaksinasi ini, " Kata Kades Bayurkidul H Darsono, Senin (14/6).

Sebenarnya, sambung Darsono, lansia di Desanya mencapai 400 orang, namun hingga dosis kedua vaksinasi, baru terjaring 127 orang. Itu karena ada yang di tunda karena riwayat hipertensi, maupun sakit lainnya dan atau tak memenuhi syarat di vaksin. Memang, diakui Darsono, minimnya lansia terjaring vaksinasi ini karena minimnya informasi yang positif terhadap manfaat vaksin, sebab, mereka selalu beralasan menerima informasi negatif di media sosial dan dari pemberitaan tentang adanya warga berefek samping berat usai di vaksin, bahkan ada yang meninggal dunia. Padahal, manfaat dan efek sampingnya tidak demikian, utamanya demi pencegahan Covid-19. "Kita bersama Puskesmas berikan penyuluhan dan sosialisasi kepada peserta KPM BLT Dana Desa ini agar mau kiranya di vaksinasi, " Ujarnya.

Ia berharap, usai di vaksinasi kebanyakan orang bisa lebih percaya diri dan itu mampu meningkatkan antibodi tubuh sehingga semakin kecil penularan Covid-19 terhadapnya. "Usai di vaksin, kita minta masyarakat tidak usah bepergian dulu, banyak istirahat dan semoga semakin sehat, " Harapnya.

Hadir dalam kesempatan distribusi BLT dan vaksinasi di Desa Bayurkidul, Camat Cilamaya Kulon Rully Sutrisna, Kepala Puskesmas Bayurlor Aceng Alayudin dan sejumlah tim layanan medis di komplek balai desa. (Rd)
Posting Komentar