PLN Jabar Beri Diskon Tarif Listrik Maret 2021 bagi Pelanggan, Simak Informasi Selengkapnya di Sini

PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (Jabar) mengemukakan program stimulus listrik (bantuan keringanan biaya listrik) akan diberikan bagi 6.134.808 pelanggan PLN.

Dengan adanya kebijakan ini diharapkan guna mengatasi sejumlah pelangganan PLN yang terkena dampak dari pandemi Covid-19.

Terkait program stimulus tersebut, Manager Komunikasi PT PLN Unit Induk Jabar, Iwan Ridwan angkat bicara.

"Kami siap memastikan penyaluran stimulus listrik periode Maret 2021 untuk lebih dari 6,1 juta pelanggan berjalan lancar," kata Iwan Ridwan dikutip Kabar Karawang dari Antara pada Selasa, 16 Maret 2021.

Dari 6.134.808 pelanggan PLN yang memperoleh stimulus listrik terbagi atas 2,3 pelanggan prabayar RT 450 dan 3,1 pelanggan pascabayar RT 450.

Selanjutnya, sebanya 616.000 pelanggan pascabayar RT 900 dan 105.000 pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA.

Penyaluran stimulus listrik bisa diakses pelanggan daya 450 VA melalui New PLN Mobile yang bisa diunduh melalui PlayStore atau AppStore. Langkah ini diharapkan mendukung pemberian stimulus listrik bisa berjalan lancar.

"Sejak pandemi tahun lalu, kami telah menyiapkan sistem yang matang untuk menyalurkan program ini,” ujarnya menambahkan.

Pemerintah memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik kepada pelanggan PLN daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, Sosial, dan Bisnis Kecil 450 VA pada Maret 2021.

Diketahui bersama, kebijakan serupa ini sebelumnya telah dilakukan pihak PLN pada bulan September 2020 lalu.

Pelanggan listrik kategori daya 450 VA memperoleh biaya listrik secara gratis dan pelanggan kategori daya 900VA bersubsidi meraih diskon tarif sebesar 50 persen.

Data ini sudah tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial atau DTKS Kemensos RI.

Khusus pelanggan pascabayar dapat menerima stimulus listrik dalam tagihan secara langsung. Pelanggan 450 VA memperoleh diskon tarif sebesar 100 persen dari tagihan listrik dan pelanggan 900 VA meraih diskon tarif sebesar 50 persen dari tagihan listrik.

Untuk pelanggan prabayar atau pengguna sistem token menerima bantuan biaya listrik dihitung dari rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi sejak Januari 2021-Maret 2021.

Token listrik stimulus Covid-19 juga bisa diperoleh melalui situs PLN dengan cara:

1.Buka Alamat www.pln.co.id, kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon);

2. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter;

3. Kemudian Token Gratis akan tampil diayar;

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Selain itu pelanggan PLN dapat menggunakan layanan WhatsApp (WA) untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:

1. Buka Aplikasi WhatsApp;

2. Chat WA ke 08122123123, ikuti petunjuk, salahsatunya dengan memasukkan ID Pelanggan;

3. Token gratis akan muncul;

4. Pelanggan memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Tidak ketinggalan PLN bekerjasama dengan pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan supaya stimulus listrik bisa diterima oleh masyarakat.

Bahkan, pelanggan bisa mengunjungi kantor layanan PLN yang tersebar di Indonesia atau menghubungi contact center 123 untuk informasi lebih lanjut.***

Posting Komentar