AFC Pakai Format Baru di Pra-Piala Dunia, Timnas Indonesia Diuntungkan

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi mengumumkan Timnas Indonesia dan peserta Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 bakal main di Uni Emirates Arab (UEA). Hal ini jelas bisa menguntungkan buat timnas.

Sejatinya, Timnas Indonesia dijadwalkan akan kembali mentas dalam ajang tersebut pada Maret mendatang. Namun memang, Kualifikasi Piala Dunia Qatar itu sempat jadi tanda tanya karena masih merebaknya virus Covid-19.

Nah, AFC baru saja resmi merilis kabar lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka menetapkan format baru, yakni seluruh pertandingan sisa dilaksanakan di satu negara saja. Pada Grup G, UEA ditunjuk menjadi tuan rumah saat melawan Timnas Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Centralised venues for #AsianQualifiers confirmed from May 31 – June 15, 2021!

Group A: 🇨🇳 China

Group B: 🇰🇼 Kuwait

Group C: 🇧🇭 Bahrain

Group D: 🇸🇦 Saudi Arabia

Group E: 🇶🇦 Qatar

Group F: 🇯🇵 Japan

Group G: 🇦🇪 UAE

Group H: 🇰🇷 Korea Republic

READ: https://t.co/LBVpvBVAkY pic.twitter.com/2UgyEt8DIc

— #AsianCup2023 (@afcasiancup) March 12, 2021

Sebenarnya keputusan ini menjadi keuntungan buat timnas. Karena, dalam tiga pertandingan sisa di Grup G, timnas masih harus menjalani dua laga tandang, yakni melawan Thailand, dan Vietnam. Sedang, satu lagi Timnas Indonesia akan menjalani laga kandang melawan Uni Emirates Arab.

Timnas Indonesia sendiri sudah dipastikan tak akan lolos ke Piala Dunia 2022 karena menelan lima kekalahan beruntun di Grup G. Namun, timnas masih bisa berpeluang untuk mengejar play-off Piala Asia 2033 andai mampu menyapu bersih tiga laga akhir dengan kemenangan.

Rencananya, lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan mulai dihelat 31 Mei sampai 15 Juni 2021. Tentu, kabar ini bikin Shin Tae-yong harus segera menyiapkan skuat timnas untuk menatap tiga partai terakhir itu.

Berikut Daftar Tuan Rumah Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Grup A: China

Grup B: Kuwait

Grup C: Bahrain

Grup D: Arab Saudi

Grup E: Qatar

Grup F: Jepang

Grup G: UEA

Grup H: Korea Selatan

Posting Komentar