Ribuan Nakes Karawang akan Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Ribuan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Karawang akan disuntik vaksin Covid-19 pada program vaksinasi tahap pertama.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kabupaten Karawang, Nanik Jodjana mengatakan, pihaknya akan menerima 11 ribu dosis vaksin pada tahap awal pendistribusian.

Sebanyak 11 ribu dosis vaksin Covid-19 tersebut diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

Vaksin Covid-19 akan diberikan kepada 5000 tenaga kesehatan terlebih dulu. Sisanya akan dilaksanakan di tahapan selanjutnya.

Foto ilustrasi

"Setelah nanti vaksin kita terima, vaksin langsung dibagi ke 24 rumah sakit, 50 Puskesmas dan 20 klinik swasta," katanya dilansir dari Antara, Selasa (12/1/2021).

Menurut dia, prosedur pelaksanaan vaksin ini dimulai dengan pendaftaran atau pencocokan data yang sudah terdaftar sekaligus pengukuran suhu tubuh.

Kemudian screening untuk mengetahui keberadaan kontradiksi yang dimiliki atau gejala-gejala lain seperti riwayat penyakit. Selanjutnya tindakan vaksin di lengan kiri peserta dan observasi atau keluhan yang dirasakan setelah tindakan tadi.

Juru bicara COVID-19 Fitra Hergyana mengatakan sejumlah persiapan telah dilakukan supaya pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar.

Para petugas dari tenaga kesehatan yang akan ditugaskan dalam pelaksanaan pemberian vaksin COVID-19 berjumlah 856 orang. Terdiri atas 526 orang bidan, 112 perawat dan 318 dokter. *Antara

Posting Komentar