Gara-gara Penyebaran Covid Masih Parah , Ridwan Kamil Bakal Datang Karawang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pekan ini enam kota dan kabupaten di Jawa Barat berstatus zona merah atau daerah risiko tinggi penyebaran Covid-19. Dua di antaranya berstatus zona merah sejak enam minggu lalu.

Ridwan Kamil

Gubernur mengatakan Kabupaten Karawang dan Kota Depok masih di zona merah pekan ini, yakni selama enam minggu berturut-turut. Kemudian masih seperti pekan lalu, Kabupaten Ciamis dan Kota Bekasi masih di zona merah. Sedangkan zona merah yang baru adalah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

"Karawang masih di zona merah, jadi kami akan melakukan kunjungan kerja secepatnya ke sana. Kemudian Kabupaten Bandung zona merah, Ciamis masih zona merah, Karawang kemudian KBB zona merah, Kota Bekasi dan Kota Depok juga di zona merah," kata Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini seusai rapat penanganan Covid-19 di Markas Kodam III Siliwangi, Senin (18/1/2021).

Dengan demikian, Kabupaten Garut dan Kabupaten Bekasi yang pekan lalu masuk zona merah, pekan ini tingkat risiko penyebarannya menurun.

Semua daerah di Jabar pun masih diwajibkan melaksanakan PSBB Proporsional dan Adaptasi Kebiasaan Baru.

Di sisi lain, kata Kang Emil, tingkat keterisian rumah sakit perawatan pasien Covid-19 di Jabar menurun. Hal ini berkat penambahan kapasitas tempat perawatan dan tempat isolasi di Jawa Barat.

"Alhamdullillah berkat hadirnya berbagai fasilitas isolasi baik di Secapa TNI AD, Kota Bogor, dan lain-lain, maka tingkat keterisian ruang isolasi kita bisa turun lebih dari 5 persen, yang tadinya 77,8 persen, sekarang 72 persen. Mudah-mudahan seterusnya Bisa berkurang," katanya.

Secapa TNI Angkatan Darat, katanya, sudah diisi oleh pasien Covid-19 bergejala ringan. Di antaranya untuk merawat 10 orang pegawai DPRD Jabar beserta keluarganya yang positif Covid-19.

Kang Emil mengatakan pihaknya pun kini punya metode untuk menghitung kedisiplinan warga dalam hal jaga jarak dan pemakaian masker. Hal ini dilaporkan oleh tim dari Satuan Pol PP, TNI, dan Polri.

"Daerah yang paling patuh masyarakatnya memakai masker adalah Kota Bekasi. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Bekasi. Yang paling tidak patuh memakai masker Kabupaten Tasikmalaya," katanya.

Kemudian warga yang paling patuh menjaga jarak adalah warga Kota Bekasi. Dengan demikian, Kota Bekasi dinilai paling disiplin se-Jawa Barat dalam hal pelaksanaan protokol kesehatan. Sedangkan yang paling tidak patuh menjaga jarak adalah masyarakat di Kota Depok.

"Jadi kepada yang sudah patuh, tolong pertahankan, kepada yang tidak patuh saya titip kepada walikota dan bupati untuk terus edukasi masyarakat. Karena tingkat kepatuhan di Jawa Barat itu antara 60 sampai 70 persen dari rata-rata sebelum PPKM 50-an persen. Sekarang naik memakai maskernya ke 76 persen dan menjaga jaraknya di 60-an persen," katanya.***

Posting Komentar