Partai NasDem Raih Kemenangan di 4 Provinsi

NasDem berhasil mengantarkan kemenangan bagi empat pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada 2020. Selain itu, NasDem juga berhasil memenangi pilkada di 128 daerah lain untuk tingkat pemilihan bupati dan wali kota.

Nasdem

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate menjelaskan persentase kemenangan NasDem mencapai 59,46%. Namun, kata Johnny, data tersebut masih merupakan data sementara sebelum adanya pengumuman resmi dari KPU.

“Dari 270 daerah yang ikut pilkada, sementara ini NasDem berhasil menang di 132 daerah dengan presentase 59,46%,” ungkap Johnny.

Dari sekian banyak kemenangan, Johnny mengungkapkan NasDem mampu mengantarkan 90 kadernya memenangi pilkada. Dengan rincian 1 gubernur, 2 wakil gubernur, 47 bupati/wali kota, 32 wakil bupati/wakil wali kota, dan 4 pasangan calon. “Total ada 90 kader NasDem yang meraih hasil positif dari pilkada ini,” kata Jhonny.

Selain itu, tak hanya kemenangan, NasDem juga membagikan data kekalahan di sejumlah daerah, yakni di tingkat provinsi sebanyak 4 daerah dan di tingkat kabupaten/kota sebanyak 86 daerah. Total, NasDem ikut serta di 266 daerah. “Hanya 4 pilkada yang tak diikuti NasDem,” ungkapnya.

3 Parpol lain

Terkait dengan hasil pilkada, Politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari mengatakan dari perhitungan sementara, calon yang diusung PDI Perjuangan menang di beberapa daerah.

Jumlah yang diklaim berbeda tipis dengan jumlah kontestasi tersebut di antaranya di Jawa Timur, yakni 11 pilkada dimenangi PDIP dari 19 pilkada.

Di Bali PDIP klaim memenangi empat dari lima pilkada, Jawa Tengah 17 dari 21 pilkada, Sumatra Utara 16 dari 23, Sulawesi Utara lima dari tujuh pilkada, dan Jawa Barat memenangi tiga dari delapan pilkada.

“Di Sulawesi Utara hanya kalah satu Kabupaten. Kami gembira, pesan ketum agar banyak bekerja dan bergumul dengan rakyat membuahkan hasil. Meski dihajar di udara, di darat rakyat tetap setia ke kita. Gotong royong vertikal dan horizontal berbuah kemenangan,” ujarnya.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyambut positif hasil quick count dan real count pilkada di Sulawesi Tenggara. Berdasarkan data terakhir, dari tujuh pilkada di Sultra lima berhasil dimenangi kader PDIP.

“Hasil ini merupakan kejutan sekaligus kabar gembira bagi PDI Perjuangan. Kemenangan tersebut muncul karena kekuatan partai dibantu figur calon yang bekerja dilandasi semangat gotong royong sehingga bisa meyakinkan warga Sultra. Apalagi Sultra selama ini lebih dikenal sebagai basis PAN dan Partai Golkar,” tukasnya.

Di sisi lain anggota Dewan Pembina Gerindra Andre Rosiade mengatakan partainya telah memenangi calon yang diusung di berbagai daerah yakni 70%. Para calon tersebut merupakan kader asli partai berlambang kepala burung Garuda. “Sudah 70% dan yang menarik semua adalah kader asli partai,” ucapnya.

Dia mengatakan di Sumatra Barat empat Kabupaten dan kota di paslonnya berhasil menang yakni di Kota Bukittinggi, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Tanah Datar.

Adapun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengklaim menang di 94 daerah. Hal tersebut berdasarkan perhitungan sementara per 11 Desember.

“Total sementara ini PPP telah berhasil ikut memenangkan paslon dalam pilkada di 123 daerah,” ujar Sekjen DPP PPP Arsul Sani. ***

Posting Komentar