Bansos Disalurkan Mulai 4 Januari 2021, Cek Nama Anda Disini....!!

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan, pada pekan pertama tahun 2021, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah bisa menikmati bantuan sosial sesuai arahan Presiden.

Tri Rismaharini menargetkan, bansos sudah diterima KPM mulai 4 Januari 2021.

“Kemensos akan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia menyalurkannya kurang lebih tanggal 4 Januari. Kita berharap satu minggu bisa kelar di seluruh Indonesia,” kata Tri Rismaharini dikutip dari situs Kementerian Sosial, Rabu, 30 Desember 2020.

Untuk keperluan itu, Risma sudah menginstruksikan jajarannya di Kemensos untuk bekerja secara non-setop. Hal itu ia ungkap saat mengikuti Rapat Terbatas di Istana Presiden.

“Kita tidak ada libur. Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden, minggu pertama bulan Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat (KPM),” kata Tri Rismaharini.

Dalam kesempatan itu juga, Risma menyatakan, saat ini tengah berlangsung koordinasi intensif untuk finalisasi data KPM dengan daerah. Kemensos sedang mendorong data dari pemerintah agar segera tuntas dikirimkan ke pusat.

“Data harus kembali ke pemerintah pusat tanggal 1 Januari,” katanya.

Untuk itu pastikan nama Anda tertera dalam penerima KPM, diketahui berikut cara cek penerima KPM:

2. Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Untuk mempermudah, pilih ID berupa Nomor Induk Kependudukan di KTP.

uang

3. Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (KTP) dan nama sesuai KTP

4. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.

5. Terakhir, klik kata 'cari'.

6. Setelah selesai pengisian akan muncul pop up data penerima bantuan sosial dari Kemensos

Untuk mempermudah pengisian data, siapkan terlebih dahulu Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda.

Diketahui program Kartu Sembako/BPNT akan menjangkau 18,8 juta KPM dengan indeks Rp200.000/bulan/KPM, salur Januari-Desember 2021.

Bansos Tunai (BST) tahun 2021 menjangkau 10 juta KPM di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek.

Penyalurnya adalah PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan Rp300.000/KPM selama 4 bulan yaitu Januari, Februari, Maret, dan April 2021.

Namun untuk kawasan terluar, terpencil, dan tertinggal (3T) seperti sebagian Papua, mungkin mekanismenya berbeda.

Tahun 2021, Kemensos akan melanjutkan 3 program bansos, yakni Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Tunai (BST).***

Posting Komentar