Pembukaan MTQ Ke-36 Tingkat Provinsi Jawa Barat Resmi Dibuka

Proses pembukaan Musabaqoh tilawatul Quran (MTQ) ke-36 tingkat Provinsi Jawa Barat, Jumat 4 September 2020 malam sekitar pukul 20.00 WIB, berlangsung secara sederhana namun khidmat.

Tahun ini, giliran Kabupaten Subang yang menjadi tuan rumah. Pembukaan MTQ ke-36 oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Proses pembukaan menjalani prosedur protokol kesehatan yang cukup ketat.
Ridwan Kamil

Hadir mewakili Kabupaten Karawang adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Acep Jamhuri, serta staf dan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kab. Karawang.

Ridwan Kamil membuka MTQ dengan pemukulan bedug. Dalam sambutannya, ia berharap agar para peserta dari seluruh kabupaten/kota se-Jawa Barat yang ikut berkompetisi, mengutamakan nilai-nilai kejujuran.

Gubernur mengatakan, tujuan utama diselenggarakannya MTQ adalah melahirkan generasi islami melalui gerakan cinta Al-Quran. Setelah penyelenggaraan MTQ tingkat Jawa Barat ini diharapkan juga para peserta memuliakan serta mampu mengamalkannya di masyarakat.

Penyelenggaraan MTQ tahun ini juga berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. "Tidak ada mobilisasi massa berupa pawai ta'aruf dilakukan pembatasan peserta pada setiap harinya," kata Gubernur.

Ada 7 macam perlombaan MTQ diantaranya Tilawah, Tahfidz, Tafsir, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Makalah Al-Quran, dan lomba Kaligrafi.

Penyelenggaraan berlangsung sampai tanggal 10 September 2020. Kontingen Karawang sendiri memberangkatkan 52 peserta.***
Posting Komentar