Karawang Bangun Rumah Galeri untuk Display BMKT

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Aryo Hanggono bersama Direktur Jasa Kelautan, Miftahul Huda melakukan kunjungan ke Rumah Galeri Karawang. Dalam kunjungan tersebut, rombongan dari Ditjen Pengelolaan Ruang Laut diterima oleh Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana bersama jajaran SKPD dari Dinas Perikanan, Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata.
Rumah Galeri Karawang, merupakan Galeri yang dibangun Pemerintah Kabupaten Karawang untuk memamerkan BMKT, benda seni, dan budaya lainnya. “Galeri ini diharapkan dapat menjadi ruang pembelajaran sejarah dan budaya Karawang dan Jawa Barat secara umum bagi genersi muda, agar mereka lebih mengenali identitas mereka”, kata Bupati Karawang, yang lebih akrab dipanggil Teh Celli itu menekankan. Dukungan Ditjen Pengelolaan Ruang Laut untuk menghibahkan BMKT yang dikelola dibawah Kementerian, bantuan penataan dan interpretasi kesejarahan diperlukan untuk memperkaya Galeri tersebut”, tambah Teh Celli.



Rumah Galeri yang dibangun di kompleks perkantoran Bupati Karawang dulunya adalah Rumah Jabatan Bupati. Areanya memiliki halaman belakang yang luas yang kedepan dapat difungsikan sebagai creative space bagi anak muda Karawang. Aryo menyampaikan apresiasi kepada Pemda Karawang yang peduli akan sejarah dan budayanya. Yang perlu digarisbawahi di sini adalah strategi pengelolaan rumah galeri dan pengelolanya untuk memastikan keberlanjutannya. Display BMKT di Rumah Galeri ini akan menjadi rangkaian atraksi Pusat Informasi Bahari yang juga berfungsi sebagai Galeri mini BMKT di Dusun Tangkolak dan lokasi BMKT di sekitar perairan Karang Kapalan yang menjadi tempat penyelaman wisata.” BMKT dan kapal tenggelam bersejarah memiliki nilai yang unik, dan Karawang memiliki aset tersebut. Oleh karena itu harus dijaga agar pemanfaatannya berkelanjutan”, lanjut Aryo.

Ditjen Pengelolaan Ruang Laut mengelola 137.000 keping koleksi BMKT, yang kedepan akan dimanfaatkan untuk mendukung pengkayaan wawasan kebaharian melalui narasi sejarah maritim yang terkandung dalam koleksi tersebut.“Kami akan menghibahkan koleksi kepada Pemerintah Daerah dan kampus-kampus yang memiliki ruang display dan siap memanfaatkan koleksi tersebut untuk pendidikan. Saat ini, Pemda Karawang, Manado dan Belitung telah menyampaikan kesiapannya dan kami siap mendukung”, jelas Dr. Aryo.

Display BMKT di Rumah Gallery Karawang ini diharapkan dapat mulai resmi dibuka untuk umum pada awal tahun depan.

Sementara itu Huda menjelaskan, kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki tempat penyimpanan BMKT di Cileungsi, yang menampung 200.000 keping lebih koleksi. "Kedepan melalui kegiatan yang ada di Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Warehouse ini akan dijadikan sebagai sekolah lapang bagi mahasiswa dan siswa yang ingin belajar tentang sumberdaya kelautan yang bernilai sejarah tersebut,” ungkap Huda**
Posting Komentar