Puncak Arus Mudik Lebaran Siatem One Way Diberlakukan

Kabar Karawang -H-4 Lebaran 1445 Hijriyah, atau puncak arus mudik, di rua tol Cipali, maka sistem one way kembali diberlakukan, hingga H-3 Lebaran.

Puncak Arus Mudik Lebaran Siatem One Way Diberlakukan

Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar mengatakan, sesuai prediksi sebelumnya, volume kendaraan yang masuk ruas tol Cipali mulai mengalami kenaikan jumlah kendaraan.

"Hari ini juga kami, mulai memberlakukan sistem one way, bekerjasama dengan pihak kepolisian dan kementerian perhubungan, guna mengantisipasi kemacetan di ruas tol Cipali," ungkap Billy kepada wartawan di Subang, Sabtu (6/4/2024).

Menurut Billy, upaya Managemen Astra Infra, dengan memberlakukan sistem one way di ruas tol Cipali, juga harus didukung oleh para pemudik, muali dari kesediaan BBM yang memadai, kesediaan saldo e-tol, kurangi laju kecepatan kendaraan, yang harus disesuaikan dengan rambu-rambu antara 80 hingga 100 KM per-jam. 

"Dukungan dari para pengguna jalan tol juga, menjadi kunci keberhasilan sistem one way, pada mudik lebaran tahun ini, sehingga semuanya lancar  tidak terjadi penumpukan, apalagi sampai terjadi kemacetan," ucapnya.

Billy mengimbau, para pemudik diminta untuk tidak beristirahat dengan menggunakan bahu jakan sebelah kiri, yang tentunya, selain membahayakan jiwa para pengguna tol, juga dapat menghambat laju kelancaran rekayasa lalu lintas yang diberlakukan pihak kepolisian dan kementerian perhubungan. 

"Jika lelah, cari lah rest area terdekat, jangan sampai menggunakan bahu jalan tol, karena dapat membahayan diri sendiri, dan juga orang lain. Jika rest area penuh, cari lah rest area terdekat lainnya, meski harus keluar terlebih dahulu dari tol. Namun demikian tidak akan menambah beban pembayaran tol, tetapi pembayaran tetap dan terintegrasi di GT Kalikangkung," kata Billy.(*)

Posting Komentar