no fucking license
Bookmark

Puluhan Rumah Terancam Pergerakan Tanah Di Curugkembar Sukabumi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mengonfirmasi bencana  pergerakan tanah terjadi di Kampung Tanjungsari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Curugkembar, pada Rabu (6/12/2023).

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Wawam Godawan Saputra menyebut sebanyak 5 rumah terdampak langsung yang dihuni 13 jiwa. Sementara ada 37 rumah dengan 137 jiwa lainnya yang bermukim disekitarnya terancam bencana pergerakan tanah. 

Puluhan Rumah Terancam Pergerakan Tanah Di Curugkembar Sukabumi
Puluhan Rumah Terancam Pergerakan Tanah Di Curugkembar Sukabumi

Rumah warga yang terdampak mengalami kerusakan sedang hingga berat akibat adanya keretakan struktur bangunan. Saat ini Wawan mengatakan BPBD bersama relawan tengah melakukan penanganan dengan melakukan evakuasi serta assesment terhadap warga terdampak.

"Kami menerima laporan pada Rabu kemarin bahwa ada bencana pergerakan tanah yang berdampak 5 rumah dengan 13 jiwa. Namun ada 37 rumah lainnya juga yang terancam, tim langsung melakukan assesment sejauh mana dampak kerusakan terjadi, dan tidak ada laporan korban jiwa atas kejadian tersebut," terang Wawan Godawan, Kamis (7/12/2023).

Wawan mengungkapkan wilayah Kecamatan Curugkembar merupakan zona merah dari bencana pergeseran tanah dan longsor. Kejadian ini pun sudah terjadi yang kesekian kalinya terlebih saat musim hujan tiba, bencana pergeseran tanah pun berpotensi besar terjadi yang kerap berdampak langsung kepada warga.

"Memang di Curugkembar itu potensi pergerakan tanahnya sangat besar dan ini kejadian yang sudah beberapa kali. Kita sudah petakan itu terlebih saat musim hujan intensitas tinggi akan berdampak terhadap tanah di wilayah tersebut," jelasnya.

Selain rumah warga, pergerakan tanah juga berdampak terhadap saluran irigasi di Cibeber. Pada saluran irigasi itu terdapat retakan tanah, sehingga aliran air masuk ke dalam retakan itu.Selama ini air irigasi itu banyak dimanfaatkan warga Desa Tanjungsari dan Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar untuk pengairan sawah dan kebutuhan rumah tangga warga.(*)

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x