Kemkominfo Percepat Transformasi Digital Nasional

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mempercepat transformasi digital nasional. Hal ini melalui pembangunan infrastruktur, pemerintahan, ekonomi dan masyarakat digital. 

Foto : Menkominfo Budi Arie Setiadi

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan, sehingga nantinya seluruh aspek berjalan sinergis dan beririingan. Guna percepatan perkembangan ekonomi digital nasional. 

"Tidak bisa nanti digitalnya kecepatan, tapi pemerintahnya masih analog. Betul ekonomi digital membawa dampak, tapi kan ada pemerintahan digital, infrastruktur digital, masyarakat digital, itu mesti kita pikirin," kata Menkominfo, Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, nilai ekonomi digital diperkirakan mencapai Rp5.537 triliun. Pemerintah pun berupaya memaksimalkan potensi tersebut dengan mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"UMKM ini bukan sekedar slogan, tapi harus didayagunakan. Saya menyambut baik UMKM ini walaupun UMKM kalau mau jadi konglomerat," katanya, mengungkapkan. 

Selain itu, Kemkominfo juga terus mendorong penggunaan teknologi digital di bidang pertanian, kelautan, dan pariwisata. Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan di sektor tersebut.

"Tahun depan saya akan rilis kajian kita dengan konsultan ternama dunia, kita diskusi pertanian dengan menggunakan teknologi digital. Di Amerika dan Belanda penggunaan teknologi digital mampu meningkatkan produktivitas 30 persen produk pertanian dari segi jumlah hasil," ujarnya (*)

Posting Komentar