Jelang Nataru, Harga Sayuran dan Ayam Meroket

 Harga sejumlah kebutuhan komoditas di Pasar Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, mengalami kenaikan. Selain komoditas sayuran seperti cabai, harga daging ayam juga naik. Bahkan untuk satu kilo daging ayam dijual pedagang dengan harga Rp 36.000 perkilogram.

Sedangkan untuk cabai, seperti cabai domba dan cabe merah  bertahan dikisaran Rp. 110.000 per kilogram. Sebelumnya cabai jenis ini dijual Rp 30.000 sampai Rp 40.000 per kilogram. 

Untuk harga sayuran lainnya, seperti tomat dan kol, juga turut naik. Bahkan, mencapai 100 persen. Tomat yang semula dijual Rp. 6.000,- per kilogram, kini dijual Rp 8.000 per kilogram. Sedangkan Harga kol juga naik dari Rp 5.000 kini menjadi Rp 10.000 per kilogram. 

"Untuki cabai naik, kecuali timun, masih stabil," kata Hetty salah seorang pedagang sayuran, Minggu (3/12/2023). 

"Daging ayam juga naik. Kalau kemarin memang masih Rp 32 ribu. Tetapi hari ini sudah naik, Rp. 36 ribu per kilo," tambah dia. 

Naiknya harga komoditas sayuran dan daging dikeluhkan warga. Untuk menghemat, warga terpaksa mengurangi jumlah pembelian komoditas yang diinginkan. Misalnya dimana biasa membeli 1 kilogram, saat ini hanya setengahnya.

"Pusing juga harus membagi uang belanja bagaimana lagi," kata Nani salah seorang warga. 

Warga berharap, pemerintah segera turun tangan mengatasi kenaikan sejumlah komoditas ini. Salah satunya dengan operasi pasar.(*)

Posting Komentar