Berfose Foto " Salam Awas " Bareng Ganjar Pranowo Berbuntut Panjang, Ini Keterangan Panwascam Karawang Barat

 Usai foto bareng dengan Calon Presiden (Capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo ramai diperbincangkan hingga menjadi sorotan khalayak publik di Karawang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang akan segera melakukan pemanggilan kepada sejumlah anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Karawang Barat terkait aksi foto bersamanya dengan salah satu capres.

Ini Foto yang viral di Medsos Karawang berkaitan Panwas kecamatan Karawang Barat


Demikian pernyataan itu disampaikan oleh Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Karawang, Ahmad Syafei,di Karawang pada Senin (18/12) sore.

Syafei menjelaskan, di dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai seorang petugas (panwascam) yang mengawasi para peserta Pemilu terhadap proses tata cara penyelenggaraan kampanye yang menjadi rangkaian pesta demokrasi tersebut, bahwa petugas panitia pengawasan memang dibatasi oleh sejumlah aturan kode etik yang mengikat. 

"Ya jadi sebagai seorang petugas (Bawaslu), memang ada batasan peraturan yang dipagari oleh kode etik untuk setiap anggota panitia pengawas pemilu di dalam menjalankan tugas dan fungsinya itu yah," jelas Ahmad Syafei.

Sehingga untuk menjalankan tugasnya, lanjut Syafei memaparkan, para petugas panitia pengawasan memamg tidak diharuskan untuk melakukan foto bersama dengan seseorang yang berstatus sebagai peserta kontestasi Pemilu maupun dengan pihak-pihak yang masih menjadi bagian dari pendukung atau relawannya (tim sukses) itu, apalagi hanya untuk mensosialisasikan tagline "Salam Awas" yang menjadi jargon pengawasan oleh Bawaslu.

"Ya memang tidak diharuskan juga (foto bersama mensosialisakan jargon Salam Awas), maka besok itu mereka akan kita panggil. Dan karena kami belum tahu juga apa yang akan disampaikan oleh mereka (petugas Panwascam Karawang Barat) untuk penjelasan klarifikasinya, jadi baru mau besok kita mengundang mereka itu," tegasnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi di tempat terpisah, Syaeful selaku Ketua Panwascam Karawang Barat mengaku kaitan foto bersama antara pihaknya dengan Ganjar Pranowo yang kini sedang ramai diperbincangkan tersebut, pihaknya menampik bahwa hal itu dilakukan semata-mata hanya atas adanya permintaan foto yang diminta oleh pihak Capres nomor urut 03 kepada anggota Panwascam Karawang Barat yang hadir melaksanakan tugas pengawasan kampanye Ganjar Pranowo di wilayahnya.

"Disaat kami dari Panwascam Karawang Barat melakukan pengawasan terhadap kunjungan Capres nomor urut 03 di wilayah kami, saat itu kami hanya spontan menyatakan 'Salam Awas' kepada pak Ganjar. Dan karena disaat itu juga lah, pak Ganjar langsung minta foto bersama kami para petugas Panwascam Karawang Barat di kegiatan kampanyenya itu," jelas Syaeful menampik tudingan opini publik yang mempertanyakan independensi dan kenetralitasan dari pihaknya sebagai Panwascam Karawang Barat.

Kemudian disaat adanya kunjungan kampanye dari salah satu capres di daerah pengawasannya tersebut, Syaeful juga dengan tegas menyangkal, bahwa semata-mata saat itu pihaknya hanya spontan memberikan pernyataan "Salam Awas" kepada Ganjar Pranowo.

"Ya memang saat itu semata-mata kami hanya spontan saja memberikan pernyataan Salam Awas tersebut, jadi untuk selebihnya juga memang tidak ada maksud dan tujuan apapun. Hanya spontan aja dan nggak maksud apapun juga kok," timpas Syaeful menegaskan.

Seperti diketahui, pada kunjungan Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo dalan kegiatan kampanyenya ke sejumlah titik wilayah yang ada di Kabupaten Karawang pada Jum'at (15/12) kemarin, turut diramaikan dengan adanya sejumlah foto bersama antara Ganjar Pranowo dengan sejumlah pria berpakaian seragam yang berlogokan Bawaslu ini ramai menjadi perbincangan hangat oleh berbagai kalangan masyarakat di Karawang.

Sebab di dalam foto tersebut, terlihat dengan jelas bahwa Ganjar Pranowo berfoto bersama beberapa orang berseragam Bawaslu, yang diduga mereka itu merupakan para anggota Bawaslu Karawang yang bertugas sebagai petugas panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (panwascam) yang ada di Kecamatan Karawang Barat atau Panwascam Karawang Barat. 

Dari foto tersebut, seolah kemudian banyak pihak yang mempertanyakan tingkat indepensi dan kenetralitasan dari para anggota Bawaslu Karawang sebagai petugas pengawas penyelenggaraan pemilu, terlebih lagi saat ini untuk tahapan Pemilu pun telah memasuki masa tahapan kampanye yang berlangsung hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Sebagi informasi, jargon atau tagline "Salam Awas" ini digencarkan menjadi tagline dari para petugas panitia pengawasan pemilu dalam mengawasi pesta demokrasi yang terus digaungkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).(*)
Posting Komentar