25 Ribu Lebih Personil Gabungan, Siap Amankan Nataru di Jabar

Puluhan ribu personil gabungan Polda Jawa Barat dan instansi terkait, siap di turunkan guna mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di wilayah Jawa Barat.

25 Ribu Lebih Personil Gabungan, Siap Amankan Nataru di Jabar

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Akhmad Wiyagus mengatakan, personil yang tergabung dalam operasi Lilin Lodaya 2024 tersebut nantinya bakal disebar di titik rawan kriminalitas maupun kemacetan.

“Polda Jabar siap  mengamankan natal dan tahun baru, didiukung sepenuhnya oleh TNI, pemerintah daerah maupun stakeholder lainnya serta elemen masyarakat yang berkontribusi menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,”jelas Kapolda Jabar, usai gelar pasukan operasi Lilin Lodaya 2023, di lapangan Gasibu Kota Bandung, Kamis (21/12/2023).

Achmad Wiyagus juga mengatakan, selain mengamankan jalur wisata maupun mudik pada libur Nataru, pihaknya juga mewaspadai wilayah rawan bencana alam.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Ibrahim Tompo menjelaskan, operasi Lilin Lodaya 2024 akan digelar 12 hari, mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Sasarannya mencegah kriminalitas, pengaturan lalulintas dan juga mengatasi bencana alam. Personil yang dilibatkan sebanyak 25.973 personil, yang terdiri dari polisi 15.649, kemudian TNI 2444, kemudian selebihnya instansi samping dan kemitraan,”jelasnya.

Sementara untuk pengaturan lalulintas, Ibrahim Tompo mengungkapkan, bakal dilakukan rekayasa lalulintas di beberapa wilayah, terutama Puncak Bogor.

Selain itu juga, prioritas pengaturan maupun pengendalian, akan difokuskan di jalur wisata.

“Kami juga menyiapkan kantong-kantong parkir, sehingga tidak membuat kemacetan,”ucap Ibrahim Tompo. (*)

Posting Komentar