Pelantikan Ketua MK Baru Dilakukan 13 November 2023

 Pelantikan Suhartoyo sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) baru akan dilakukan pada Senin (13/11/2023). Wakil Ketua MK Saldi Isra mengatakan, Suhartoyo menjalani sumpah jabatan di Gedung MK. 

Pelantikan Ketua MK Baru Dilakukan 13 November 2023

"Bapak Suhartoyo, insyaallah, hari Senin diambil sumpahnya di ruangan ini. Komposisi kepengurusan Mahkamah Konstitusi akan terpenuhi seperti biasa," kata Saldi saat menjadi pimpinan Sidang Putusan Pergantian Ketua MK, di Gedung MK, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Saldi pun meminta doa restu masyarakat Indonesia atas hasil musyawarah yang dilakukan para hakim MK tersebut. Sembilan hakim konstitusi komitmen, memperbaiki mengevaluasi kinerja MK.

"Semoga mendapat dukungan publik dalam menghadapi situasi ke depan. Terutama, sengketa Pemilu yang sebentar lagi menghampiri kita semua," ucap Saldi.

Suhartoyo menggantikan posisi Anwar Usman. Saldi mengungkapkan, kesepakatan itu dilakukan di lantai 16 Gedung MK, di ruang RPH (Rapat Permusyawaratan Hakim).

"Menerima hasil itu sebagai kesepakatan bersama. Itulah wujud musyawarah mufakat kami yang dilakukan dilakukan di ruang RPH lantai 16 tadi pagi," kata Saldi.

MKMK sebelumnya memberhentikan Anwar dari Ketua MK, karena terbukti melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik. Anwar juga dinilai melanggar perilaku hakim konstitusi terkait perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang uji materi terhadap batas usia Capres-Cawapres.(*)


Posting Komentar