Tawarkan Sejuta Cerita, Desa Mekarbuana Pintu Pariwisata Kabupaten Karawang

Desa Mekarbuana merupakan  desa yang berada di kawasan pegunungan Sanggabuana, Karawang, Provinsi Jawa Barat. Desa Mekarbuana menjadi salah satu desa agro ekowisata di Jawa Barat karena potensinya di sektor pertanian dan pariwisata. (11/10/23).

Curug Cigentis

Kepala Desa Mekarbuana, Jaji Maryono mengatakan bahwa desa ini mempunyai banyak potensi, termasuk agro ekowisata. Sebab, di Wilayah Desa Mekarbuana diketahui sebagai penghasil kopi, durian, manggis, alpukat dan pisang. 

“Perkebunan ketiganya banyak ditemui di wilayah itu. Maka itu slogan kami desa agro ekowisata,” kata Jaji dalam keterangan resmi, Selasa (10/10/2023). 

Menurut Jaji, setiap tahunnya Desa Mekarbuana menghasilkan sekitar 110 hingga 130 ton kopi. Selain itu, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Mekarbuana mempunyai produk kopi sendiri.

“Alhamdulillah, Kopi Kosa menjadi produk unggulan desa, yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, dapat menyerap tenaga kerja masyarakat desa,” ujar Jaji. 

Pada 2021, kata Jaji, Desa Mekarbuana berhasil masuk sebagai 15 desa Brilian tingkat nasional dalam program Desa Brilian. Dalam mengembangkan desa ini butuh kerja yang keras untuk meningkatkan produktivitas masyarakat

“Untuk itu perangkat desa bekerjasama dengan berbagai pihak, perbankan, khususnya BRI. Alhamdulilah berkat kerjasama dan kerja keras kami, hasilnya signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ucap Jaji. 

Selain itu, Jaji menambahkan bahwa komoditas pisang juga menjadi andalan produk UMKM Desa Mekarbuana. Dimana, pisang yang dihasilkan sekitar 10-14 ton perharinya. 

“Dengan hasil pisang yang melimpah itu, UMKM Desa Mekarbuana telah berhasil mengolahnya menjadi kripik pisang dan tepung pisang. Sehingga melalui pengembangan usaha tersebut, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan mampu menyerap tenaga kerja,” ujar Jaji. 

Sejumlah destinasi wisata juga dimiliki Desa Mekarbuana, diantaranya wisata alam Air Terjun Cigentis, Curug Bandung, dan Curug Peteuy. Sementara, wisata buatan diantaranya Raja Camp, Wisata Religi Pendakian Gunung Sanggabuana, Kampung Turis, Empang Sari Mas, Jeci Hills.

“Saat ini Desa Mekarbuana tengah memadukan sektor pertanian dengan pariwisata, sehingga hasil pertanian dapat dijual di lokasi-lokasi wisata. Harapannya, Desa Mekarbuana dapat berkembang dan menjadi desa yang maju,” kata Jaji. (*)

Posting Komentar