Festival Destinasi Desa Wisata Kabupaten Cirebon Ramai

Keyakinan akan masa depan sektor pariwisata mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon untuk mengembangkan konsep desa wisata. 

Festival Destinasi Desa Wisata Kabupaten Cirebon Ramai

Mengingat banyaknya potensi daya tarik di desa yang dapat dikemas dalam konsep pariwisata alternatif dengan mengedepankan pemberdayaan mayarakat serta komunitas dan kearifan lokal. 

Hal itu disampaikan Bupati Cirebon, Imron saat membuka Festival Destinasi Desa Wisata tahun 2023 di Desa Kertawangun Kecamatan Sedong Sabtu, (21/10/2023). 

Menurutnya tanpa menjadi konservatif maka merupakan sebuah solusi yang baik sehingga dengan dikembangkannya desa wisata ini dari segi ekonomi dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sedangkan dari segi sosial dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan dan peningkatan kepedulian masyarakat.

"Dengan pengelolaan desa wisata yang diintegrasikan dapat diharapkan seluruh potensi masing-masing kawasan dapat berkembang sesuai karakteristiknya dan menerapkan prinsip sapta pesona," katanya.

Imron menambahkan Kabupaten Cirebon merupakan daerah yang memiliki kekayaan alam, seni, budaya dan produk kreatif yang khas dapat ditunjang dengan industri pariwisata yang presentatif dan semakin inovatif. 

Keadaaan ini tutur Imron menjadi peluang bagi masyarakatnya untuk secara kreatif berkarya dalam memajukan Kabupaten Cirebon khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cirebon, Abraham Muhammad mengatakan dalam Festival Destinasi Desa Wisata, Kecamatan Sedong mendapatkan promosi ada empat desa yakni Windujaya, Kertawangun, Penambangan dan Sedong Lor.

"Festival ini bertujuan untuk mengangkat dan mempromosikan daya tarik desa wisata diwilayah Kecamatan Sedong. Seperti kita ketahui Kecamatan Sedong memiliki empat desa yang telah ditetapkan sebagai desa wisata yakni Windujaya, Kertawangun, Penambangan dan Sedong Lor," ujarnya.

Ditambahkan Abraham, agenda pada Festival Destinasi Desa Wisata yang dilaksanakan selama tiga hari meliputi workshop pokdarwis, lomba mewarnai, susur sungai penampilan kesenian rudat, talkshow milenial, permainan tradisional bambu serta arak-arakan. 

"Saya berharap melalui penyelenggaraan Festival Destinasi Desa Wisata Sedong, desa wisata di Kecamatan Sedong dapat lebih dikenal dan dikembangkan sehingga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Cirebon," katanya.()*

Posting Komentar