Kabar Karawang - Karawang - Senin (2/8/2022), Puluhan pemuda di Karawang mengikuti pelatihan tanggap bencana yang diselenggarakan oleh badan pengulang


Kabar Karawang - Karawang - Senin (2/8/2022), Puluhan pemuda di Karawang mengikuti pelatihan tanggap bencana yang diselenggarakan oleh badan pengulangan bencana DPD KNPI Karwang.Hal tesebut sebagai bentuk kontribusi nyata pemuda hadir sebagai mitra pemerintah di berbagai lini terutama dalam bidang bencana yang ada di daerah karwang khususnya.

Pemuda Karawang


Foto Bersama usai pelatihan

Wakil Ketua Badan Penanggulangan Bencana DPD KNPI Karawang, Nelson Sitepu.ST.M.SI mengatakan, latihan angkatan pertama gabungan dari unsur pemuda dan lembaga yang tergabung dalam TIM salah satunya Rescue AMS dan Rescue bina karang taruna. Besar harapan kami para pemuda yang di latih nantinya akan menjadi agen perubahan untuk pemuda yang tanggap bencana untuk mewujudkan karakter pemuda yang prososial.

"Ini adalah program kerja kami dari Badan Penanggulangan Bencana dan rangkaian HUT KNPI ke-49 Tahun," dengan misi yang disampaikan atau ditanamkan kepada pemuda yang harus mewujudkan pemuda yang berkarakter dan pro sosial kata Nelson.

Ia menjelaskan, latihan gabungan anggkatan pertama ini dipusatkan di Gedung KNPI Jalan Malabar Karangpawitan. Dan melibatkan beberapa DPK KNPI Kecamatan yang daerah rawan bencana alam. Sehingga pemuda dan lembaga yg tergabung dalam Badan penangulangan bencana DPD KNPI adalah bentuk antisipasi awal atau sekaligus pengenalan awal akan potensi bencana di daerahnya serta para pemudaan pun diharapkan juga akan sigap dan tanggap nantinya.

"Latihan gabungan ini kita lakukan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Tim Pemadam Kebakaran Karawang. Satu hari penuh para peserta pelatihan diberikan pelatihan yang sangat luar biasa walaupun hanya satu hari semoga ilmu yang diberikan bisa diterapkan dilapannya nantinya sekaligus diharapkan bisa di aplikasikan di lingkungan masing-masing," harap Nelson.

Lanjutnya, latihan gabungan dari water rescue , memadamkan api dan penanggulangan gas LPG ketika kebakaran. "Ya pelatihan ini yang sering terjadi di lingkungan masyarakat. Kalau sudah mengetahui cara menanggulangi nya, pemuda bisa sigap bila ada bencana itu terjadi," kata Nelson.

Sekretaris DPD KNPI Karawang, Yakub Fauzi membuka acara itu. Ia berpesan pelatihan yang digelar gabungan ini bisa dimanfaatkan pemuda dan di aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

"Semoga bermanfaat ilmu yang di dapatkan nya. Kami juga ucapkan terimakasih pada BPBD dan Damkar yang ikut serta membimbing pemuda tanggap bencana," tandas Yakub.

Acara Latihan Gabungan tersebut dihadiri langsung Kepala BPBD Karawang H. Yasin Nasrudin dan Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Rohmat. Mereka meninjau dan menyaksikan langsung pelatihan pemuda tanggap bencana di KNPI Karawang.(SD)



Kabarkarawang.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri Kamu lewat link Berikut Menulis Artikel