Terdampak One Way Tol Cipali dan Japek, Pengendara Kebingunan dan Nyasar

Sejumlah pengendara dan pemudik kebingungan mencari jalan ke arah Jakarta dan Bandung saat melintas Purwakarta. Mereka harus menyusuri jalur alternatif atau arteri sebagai imbas pemberlakuan one way di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Cipali.

Bahkan beberapa pengendara tampak berputar-putar di wilayah Purwakarta, mereka tak tahu harus menggunakan jalur yang mana. Beberapa di antaranya terpaksa menanyakan langsung kepada polisi yang sedang mengatur lalu lintas di jalan.

Terdampak One Way Tol Cipali dan Japek, Pengendara Kebingunan dan Nyasar
Sopir truk harus bertanya ke polisi yang sedang bertugas di jalur arteri Purwakarta lantaran kebingunan cari jalan untuk bisa ke Jakarta

"Kita bingung pak, muter-muter. Kebetulan pertama kali ke wilayah sini. Saya rencana dari Cikampek mau ke Bandung. Untuk masuk tol kan tidak bisa karena ditutup," kata Maman, pengguna jalan, Kamis (28/4/2022).

Sementara itu, seiring pemberlakuan one way di dalam tol, tiga Gerbang Tol (GT) di Purwakarta ke arah Jakarta ditutup, yakni GT Cikampek atau Cikopo, Sadang dan GT Jatiluhur. Semua kendaraan dari arah pantura maupun Bandung menuju Jakarta harus dialihkan ke jalur arteri.

Imbasnya, terjadi kemacetan di sejumlah titik, terutama di jalur arteri menuju kawasan industri Kota Bukit Indah (KBI), Kecamatan Bungursari.

Menurut Kanit Keamanan dan Kelamatan Satlantas Polres Purwakarta, Ipda Cucup Supriadi, dilakukan rekayasa lalu lintas dengan penutupan tiga GT yang ada di wilayah hukum Polres Purwakarta. Hal ini untuk memperlancar pemberlakuan one way.

Dalam pelaksanaan one way, Polres Purwakarta menerjunkan 505 personel polisi dari total 900 petugas yang dikerahkan untuk pengamanan mudik Lebaran 2022.

Sumber: INews


Posting Komentar