Diskusi "Peran Pemuda dan Media dalam Meningkatkan Eksistensi UMKM Pasca Pandemi di Kabupaten Karawang" mewarnai acara Ngabuburit (Ngariung Bareng Buk


Diskusi "Peran Pemuda dan Media dalam Meningkatkan Eksistensi UMKM Pasca Pandemi di Kabupaten Karawang" mewarnai acara Ngabuburit (Ngariung Bareng Buka Puasa Penuh Inspiratif) dan Santunan Anak Yatim Piatu.(29/4/2022).

Ngabuburit Bareng Pemuda Bahas UMKM Pasca Pandemi di Karawang


Kegiatan yang digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karawang, Kamis 28 April 2022 di Gedung Graha Pemuda tersebut berlangsung khidmat.

Terlebih pembicara kegiatan yang menjadi program tahunan ini diisi oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Amid Mulyana,SE.,MM , Sekretaris Komisi II DPRD Karawang, H. Dedi Rustandi,SE.,MM dan Yuda Febrian Silitonga dari PWI Kabupaten Karawang.

Yang dihadiri Ketua MPI, Wanhat KNPI, pengurus KNPI, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan dan KNPI tingkat kecamatan seluruh Karawang.

Diawali laporan Ketua Pelaksana Ngabuburit bareng pemuda, Ahmad Nopian mengatakan, kegiatan penghujung bulan ramadhan bisa membawa keberkahan untuk semuanya. Ia merincikan kegiatan tersebut. Mulai dari persiapan hingga pelaksanaan diskusi UMKM pemuda.

"Selain diskusi mengenai UMKM, juga diisi dengan santunan Anak Yatim Piatu di wilayah terdekat KNPI. Semoga keberkahan melimpah kita semua," katanya dalam sambutan.

"KNPI Karawang juga secara simbolik menyerahkan Al Quran kepada KNPI kecamatan. Wakaf Al Quran tersebut dari perusahaan Pindo Deli untuk diberikan pada masyarakat secara gratis," tambahnya.

Ketua KNPI Karawang, Guntar Mahardika, SM.,MM mengatakan, Ngabuburit bareng pemuda akan menjadi program tahunan KNPI Karawang di tiap bulan Ramadhan. Pasalnya, dengan kegiatan itu memperkuat silaturahmi antar pemuda di Karawang.

"Sesuai slogan kita, pemuda tersenyum, Karawang solid dan Jabar juara," kata Guntar.

Ketua MPI Karawang, Lukman N Iraz berpesan agar KNPI terus menyalurkan energi positif untuk pemuda di Karawang.
"Hingga menaikan IPM pemuda di Karawang, Jawa Barat," pesannya.

Hal serupa disampaikan Sekretaris Wanhat KNPI Karawang, Dr. Soni Hersona. Pihaknya memberikan motivasi kepada pemuda yang dinaungi KNPI. Menurutnya, pemuda mempunyai peran begitu penting dalam kemajuan wilayah.

"Peran pemuda biasa membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem di Karawang," pungkasnya.(cn)