Dinkes Kabupaten Karawang Bakal Sediakan Layanan Vaksinasi Booster di Pos Pam Lebaran

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang bakal menyediakan sejumlah layanan vaksinasi booster Covid-19 di Posko Pengamanan (Pos Pam) Mudik Lebaran di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Karawang.
Dinkes Kabupaten Karawang Bakal Sediakan Layanan Vaksinasi Booster di Pos Pam Lebaran
Foto ilustrasi pemudik


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinkes Kabupaten Karawang, Yayuk Sri Rahayu menuturkan, pihaknya telah memetakan sejumlah wilayah yang nantinya akan disiapkan sebagai layanan vaksinasi booster Covid-19.

Untuk lokasinya, kata dia, pihaknya masih menunggu rapat koordinasi (rakor) dengan pihak Kepolisian Resor Karawang.

"Untuk lokasi fixnya masih menunggu rakor dengan Kapolres, sebab untuk penentuan Pos Pam harus yang besar agar kualitas vaksin tetap terjaga," ungkapnya.

Dia menambahkan, Dinkes Kabupaten Karawang akan menyiapkan vaksinator maupun tenaga kesehatan (nakes) pada sejumlah lokasi yang menjadi layanan vaksinasi booster Covid-19 tersebut.

"Tenaga vaksinasi dijadwalkan dari tim nakes Puskesmas," kata dia.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik untuk dapat mengikuti vaksinasi booster Covid-19 sebelum melaksanakan mudik.

"Masyarakat yg mau mudik utk mengikuti vaksin sebelum mudik, agar sudah terbentuk kekebalan tubuh ketika mudik serta tidak terjadi penumpukan di Pos Pam Lebaran," ujarnya.

Saat ini, lanjut Yayuk, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Karawang menggelar Gebyar Vaksinasi Ramadan hingga 29 April 2022 di sejumlah sentral vaksinasi, mulai di seluruh layanan puskesmas, polsek, Kantor Dinkes Kabupaten Karawang, dan Mal Pelayanan Publik (MPP) Karawang Galuh Mas.

"Capaian vaksinasi booster di Karawang baru mencapai 18 persen. Ditargetkan 30 persen hingga akhir bulan April ini," kata dia. (Cn).
Posting Komentar