no fucking license
Bookmark

Padi Nutrizinc Tak di Serap, Penanganan Stunting Karawang Belum Include

Penanganan stunting ternyata masih belum sepenuhnya include lintas intansi untuk di minimalisir angka persebarannya. Pasalnya, peningkatan gizi bagi ibu hamil dan anak balita di wilayah lokus penanganan stunting, nyatanya masih rendah mengkonsumsi beras dengan nilai gizi, nutrisi dan vitamin yang tinggi dalam varietas nutrizinc. Pasalnya, Dinas Pertanian Karawang yang sudah menebar benih tanaman nutrizinc di 71,7 hektar, justru belum banyak di serap oleh intansi penanganan stunting secara include. 


"Kita di Karawang ini sudah tanam varietas nutrizinc ini di lahan seluas 71,7 hektar dan tersebar di Kecamatan Klari, Telukjambe Timur dan Cilamaya Wetan, termasuk diantaranya 1,7 hektar di lapas Karawang, " Kata Kabid Tanaman Pangan Distan Karawang Edi Suryana Kepada Pelitakarawang.com, Rabu (27/10).

Soal serapan gabah kaya gizi ini, sambung Edi, baru 1,7 hektar di lapas Karawang yang di beli oleh Bulog Karawang saat panen dengan harga Rp4,2 GKP. Namun, sisanya, ia belum dengar dari intansi lain, sehingga idealnya kalau dibeli untuk penanganan stunting, itu ideal oleh Dinas Sosial atau juga Dinas Pangan

"Tapi kalau di beli oleh Tengkulak,
yah mungkin bisa dijual keluar dan tidak di serap. Kewenangan kita sebatas penyiapan lahan dan pengadaan benihnya, kalau sudah panen dan di serap kemana, seharusnya memang include untuk penanganan stunting itu, " Ujarnya. (Rd)
Posting Komentar

Posting Komentar

Close x