Ansu Fati Jadi Pewaris Nomor 10 Messi di Barcelona

Teka-teki siapa yang akan mengenakan nomor punggung 10 Barcelona yang identik dengan Lionel Messi akhirnya terjawab. Nomor keramat tersebut dipastikan bakal dipakai penyerang muda Ansu Fati.

Sebelumnya, Barca sempat dikabarkan ingin memensiunkan nomor 10 setelah kepergian Messi ke Paris Saint-Germain (PSG) pada bursa transfer musim panas ini. La Pulga terpaksa hengkang karena Blaugrana terganjal aturan finansial La Liga

Tapi kini, raksasa La Liga itu malah mengumumkan tetap menggunakan nomor punggung 10, dengan Fati yang mendapat kehormatan untuk meneruskan jejak megabintang asal Argentina tersebut.

"Nomor 10 baru kami. Dari La Masia. Ansu Fati," tulis Barcelona dalam sebuah pengumuman di situs resmi klub, Rabu (1/9/2021).

Fati dipercayai mengemban tugas sebagai No. 10 setelah memulai debut menjanjikannya bersama tim senior Barca pada 2019. Sebelumnya, penyerang berusia 18 tahun memang besar di akademi Barcelona.

Fati yang juga penggawa timnas Spanyol telah tampil 42 kali di semua kompetisi bagi Blaugrana. Dia mampu menyumbang 13 gol dalam sekian banyak kesempatan itu dan tercatat sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Barca.

Perkembangan Fati sempat terganggu karena cedera lutut parah pada November tahun lalu. Tetapi kini, telah kembali berlatih setelah sembilan bulan menjalani perawatan.

Fati dapat kembali beraksi saat pasukan Ronald Koeman menghadapi Bayern Muenchen di fase grup Liga Champions 2021--2022 setelah jeda internasional. Dia digadang-gadang menjadi pemain muda yang paling menjanjikan, tetapi masih banyak yang harus dilakukan sebelum dianggap sebagai pemain elite dunia.

Messi sendiri telah membantu Barcelona meraih 34 trofi selama 21 tahun di Camp Nou, termasuk sepuluh gelar La Liga dan empat Liga Champions. Dia telah mencetak 674 gol dan memecahkan rekor sebagai pemain tersubur dalam sejarah Barcelona.

Sedangkan Fati masih harus meraih trofi pertamanya di tengah masa transisi Barcelona, dengan nama-nama seperti Antoine Griezmann, Carles Alena, dan Emerson Royal yang mengikuti jejak Messi meninggalkan klub demi mengurangi beban gaji. (ANT)

Posting Komentar