Perhatian ! Selama Tiga Bulan Pegawai Desa Baru di Karawang Belum Nikmati Siltap ADD


Kasie PMD Kecamatan Lemahanang Dudi
Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD II Karawang untuk triwulan 2, masih belum nongol sampai jelang pertengahan Juli 2021. Entah karena faktor apa, hak ADD Maret - Juni tersebut, belum bisa di nikmati para pegawai desa baru yang dibentuk sejumlah Kades hasil Pilkades.

"Saya balik khawatir semangat pegawai desa baru ini justru ciut, karena mereka baru bekerja, tapi selama 3 bulan ngos-ngosan belum dibayar juga honornya. Apalagi di masa pandemi PPKM Darurat ini, harusnya ADD bisa segera di cairkan Maret - Juni, " Kata Kasie PMD Lemahabang, Dudi Kepada kabarkarawang.com, Kamis (8/7).

Kalau karena alasan sejumlah kecamatan belum beres verifikasi berkas ajuan perangkat desa sampai peralihan specimen bank, jangan sampai sebut Dudi, desa di kecamatan yang sudah tuntas semua (verifikasi_red) termasuk ajuannya ikut terhambat pencairannya. Contohnya di Lemahabang ini, semua desa sudah mengajukan ADD tahap 2 dan semua desa yang hasil Pilkades juga sudah tuntas urusan verifikasi pegawai desa baru, tapi kenapa sampai sekarang ADD belum cair. "Wajar desa ngos-ngosan dan terus mempertanyakan, sementara kami tidak tahu alasannya kenapa, " Katanya.

Ia berharap, ADD tahap II bisa segera cair untuk menjawab kekhawatiran desa-desa, jangan sampai ada pegawai desa baru kendor kinerjanya karena belum juga menerima hak ADD tersebut. " Atas desakan sejumlah desa, ia harap DPMD dan DPKAD bisa segera memprosesnya, betapapun ada aturan WFH, setidaknya ini adalah layanan esensial menyangkut hak desa-desa, " Ujarnya.

Kasie Tata kelola Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Andry Irawan belum memberikan balasannya saat di konfirmasi lebih lanjut terkait ADD tahap II yang banyak belum diterima pemerintah desa Maret - Juni ini sampai berita ini ditulis. (Rd/red)
Posting Komentar