Astagfirullah Gempa Bumi Mengguncang Garut Jabar

Gempa bumi tektonik baru saja mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu, 27 Juni 2021, pukul 10:23:55 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=2.9.

Episenter terletak pada koordinat 7.38 LS dan 107.78 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 km Barat Daya Kabupaten Garut pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hendro Nugroho, melalui siaran tertulisnya mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di empat wilayah kecamatan.

Keempat wilayah itu meliputi Kecamatan Pasirwangi, Kecamatan Samarang, Kecamatan Cikajang, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, dengan Skala Intensitas III MMI.

Dalam skala ini, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut."

"Hingga pukul 10:52 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," katanya.

Foto ilustrasi Gempa Bumi " Alat deteksi"

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.(***).

Posting Komentar