Kabar Gembira! Kemendikbudristek Buka Pendaftaran Beasiswa Dalam dan Luar Negeri, Ini Cara Daftarnya

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan kabar gembira bagi putra-putri Indonesia.

Di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19, Kemendikbudristek membuka kesempatan bagi putra-putri Indonesia yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, untuk mendapat beasiswa baik dalam maupun luar negeri.

Beasiswa tersebut disalurkan lewat program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Program ini dibuka untuk jenjang S1, S2 dan S3 serta non gelar.

Berikut langkah-langkah pendaftaran beasiswa sebagaimana dilansir dari akun instagram resmi Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek di @puslapdik_dikbud, Rabu (5/5/2021).

1. Kunjungi website

beasiswa.kemdikbud.go.id

2. Pilih jenjang beasiswa yang ada di halaman website kemudian pilih Daftar

3. Pilih Daftar Lagi untuk membuat akun (bagi yang belum memiliki akun)

4. Silakan lengkapi data di formulir pendaftaran (pastikan saudara mengisi email yang aktif dan melengkapi data dengan benar)

5. Jika sudah melengkapi formulir pendaftaran akun silakan pilih Daftar

6. Akun akan diverifikasi melalui email saudara yang diisi saat melakukan pendaftaran akun

7. Silakan cek email saudara untuk melakukan verifikasi akun. Jika aktivasi berhasil saudara akan menerima pesan melalui email

8. Jika berhasil diaktivasi silakan kembali ke website beasiswa.kemdikbud.go.id kemudian pilih Masuk untuk pendaftaran peserta beasiswa

9. Pastikan saudara telah menyiapkan dokumen persyaratan yang telah ditetapkan

10. Silakan lengkapi data di formulir registrasi, biodata dan mengunggah dokumen persyaratan. Pastikan ukuran file dokumen tidak lebih dari 2 Mb untuk masing-masing dokumen dan memastikan data yang telah saudara isi sudah benar

11. Jika saudara telah melengkapi formulir silakan Submit Data

12. Jika telah submit data, saudara akan diarahkan untuk mencetak kartu.

Foto ilustrasi Toga Mahasiswa

Setelah itu silahkan tunggu informasi pengumuman di website beasiswa.kemdikbud.go.id. Jika ada kendala pendaftaran silakan kunjungi helpdesk-beasiswa.kemdikbud.go.id.

Dari laman beasiswa.kemdikbud.go.id dijelaskan, program beasiswa Pemerintah Indonesia ini berdasarkan amanat Dewan Penyantun LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh Kemdikbud melalui Puslapdik dan/unit-unit utama di lingkungan Kemdikbud yang didanai oleh LPDP.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang mendukung percepatan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu juga mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang ada di LPDP melalui pemberian beasiswa bergelar (degree) untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3, dan non-gelar (non-degree) bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan di perguruan tinggi terbaik di dalam negeri atau di luar negeri*** Akurat.

Posting Komentar