Hadirkan Skill Up dan BKK, SMAN 1 Tempuran Jadi Percontohan

Bagi para lulusan SMAN 1 Tempuran, kini di permudah akses mencapai dunia kerja setelah lulus. Pasalnya, selain di fasilitasi Skill Up untuk membekali para lulusan lebih siap kompetensi, psikologi dan mentalnya masuk dunia industri, peluang kerja juga di sediakan pihak sekolah melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) binaan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) yang sudah hadir secara legal setahun terakhir. Bahkan, hadirnya Skill Up dan BKK di lingkungan SMA ini, menyita perhatian sekolah lainnya untuk membentuk hal serupa. (06/5/2021).
Dede S.pd Kepala SMAN 1 Tempuran

"Saya hadirkan Skill Up dan BKK resmi ini, ingin menargetkan setengah lulusan SMAN 1 Tempuran ini bisa diserap dunia kerja dan setengahnya lagi lanjut ke jenjang perguruan tinggi. Tapi Alhamdulillah, ini di respon baik sekolah lain, bahkan SMAN 1 Ciampel dan SMA Budi Mulya juga mendatangi sekolah kami dan berniat mereplikasi hal ini, " Kata Kepala SMAN 1 Tempuran, Dede S.pd Rabu (5/5).

Ia menambahkan, untuk BKK dinamai Surya Kencana dan diketuai garapannya oleh guru kelas yang dianggap kompeten, dimana lulusan yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, bisa di perjuangankan Lewat BKK dibawah langsung izin Disnkaer dan ada SK nya. 

Selama ini, sebut Dede, BKK itu identik dengan SMK, tapi pihaknya hadirkan, fasilitasi dan membiayai para lulusan untuk mengikutinya. Sehingga, berlaku istilah "Ijon", yaitu ketika ada rekrutmen dari perusahaan, yang lulus ini bisa langsung masuk ke dunia angkatan kerja, ini sebutnya sudah di buktikan karena ada lulusannya yang direkrut di perusahaan Yamaha 1 dan 2. "Jadwal BKK menyesuaikan dengan kesiapan perusahaan dan instrukturnya, kami selalu up date dan umumkan informasinya baik secara online maupun off line, " Katanya. 

Ia menambahkan, Skill Up juga menyertai BKK, dimana siswa lulusan SMAN Tempuran di bekali kompetensi dan keahlian khusus, termasuk psikologi dan mentalnya. Terakhir, materia skill up untuk SMA Tempuran meliput Auto CAD, Teknik AC, Teknik Listrik, Teknik calibrasi, Bahasa Jepang, Electronic Industri dan Administrasi produksi. Ini, sebutnya, dilangsungkan sejak Maret sampai Juli mendatang, bagi lulusan yang siap dan di fasilitasi sekolah. "Skill Up ini untuk peningkatan kemampuan sikap dan perilaku, etika dan muaranya para lulusan ini siap kerja di indsutri, adapun pelatihnya langsung dari Praktisi, " Ungkapnya..(rd)
Posting Komentar