Karawang Harus Waspada !!! Karangligar dan BMI Cikampek Sudah Banjir, Barugbug Status Siaga !


Bendungan Barugbug Status Siaga
Curah hujan yang fluktuatif berlangsung diakhir pekan ini, membuat sejumlah wilayah Karawang, kembali di kepung banjir. Selain di Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat yang menggenangi sekitar 197 rumah di Dusun Pangasinan dan Dusun Kampek hingga membuat puluhan warga di ungsikan sementara ke Masjid Al Ikhlas, banjir parah juga terjadi di BMI Cikampek, Dawuan Kecamatan Cikampek. Bakan, informasi terakhir, Bendungan Barugbug yang bermuara ke Sungai Cilamaya, statusnya sudah "Siaga" pada Minggu siang, Pukul 12.30 Wib.
BMI Cikampek

“Banjir pagi ini di dua kedusunan, merendam sekitar 197 rumah warga dengan ketinggian 50 - 120 centimeter ,” kata Kalim, Sekdes Karangligar, Sabtu (6/2)


Deni Dolar Ketua Umum LSM Macam Citarum Indonesia (MCI) mengatakan, hari ini, Minggu (7/2), pihaknya laksanakan evakuasi korban banjir yang berada di sekitar Perum BMI. Karena, luapan air semakin meninggi. Ia meminta agar pihak pemerintah melakukan langkah strategis agar wilayah tersebut terhindar banjir di kala musim hujan. "Kita bantu evakuasi warga BMI, karena kondisinya memang sudah semakin meninggi banjirnya, " Ujarnya.


Sementara itu, informasi debit air Minggu (7/2) pukul 12.30 wib di bendung Barugbug, dari TMA normal : 31.60 mdpl ( 4.6 m ), saat ini sudah 32.50 mdpl ( 5.5 m), dengan rincian Debit buangan ke sungai cilamaya 204.48 m3/dtk, Sungai ciherang 204.48 m3/dtk dan status "SIAGA", yaitu keadaan debit air diatas 33, 00 m dpl atau debit buangan 200 - 300 m3/dtk. (Rd)
Posting Komentar