Kabar Karawang

Iklan

 Kabar Karawang
Jumat, 12 Februari 2021, 01.18 WIB
CORONAKARAWANGPEMDA

Hari Ini di Plaza Pemkab Karawang , Vaksin Tahap Kedua Siap Dilaksanakan

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana mengatakan, vaksinasi tahap kedua di Karawang akan dilakukan hari ini, Jumat 12 Februari 2021. Rencananya, digelar di Plaza Pemkab Karawang.


Ia menuturkan, sejak vaksinasi tahap pertama di Karawang yang dilakukan pada 29 Januari 2021 belum semua tenaga kesehatan mendapatkan vaksin, mengingat pihak Satgas dan Dinas Kesehatan membatasi jumlah nakes yang divaksin setiap hari. Fitra melaporkan, sebanyak 181 dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Karawang telah menjalani vaksin tahap pertama.

"Proses vaksinasi kan jangan sampai menimbulkan kerumunan. Makanya dibatasi setiap harinya. Sejak awal kita targetkan seluruh nakes rampung divaksin di bulan Maret," ujar Fitra.

Fitra membenarkan ada salah satu orang yang sudah divaksin, namun saat ini tengah menjalani isolasi mandiri karena dinyatakan positif Covid-19. Ia mengatakan, orang yang sudah divaksin memang masih memiliki potensi terpapar virus corona.

Karena, kata dia, untuk membentuk antibodi‎, vaksin Covid-19 membutuhkan waktu 14-28 hari setelah penyuntikan kedua. "Jadi baru vaksin pertama. Dan seminggu setelah di vaksin dinyatakan positif. Jadi satu dosis penyuntikan belum cukup membentuk antibodi untuk melawan infeksi Covid-19," ujarnya.

Untuk itu, semua nakes yang sudah disuntik vaksin tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Mengingat antibodi untuk melawan virus corona belum terbentuk karena masih penyuntikan pertama.


Sementara, data harian Covid-19 di Karawang saat ini jumlah total warga yang terpapar Covid-19 berjumlah 10.715 orang, dengan rincian selesai perawatan atau sembuh 9.844, dalam perawatan 535 orang dan meninggal dunia 336 orang***rls


Kabar Lainnya

X
X
×
Kabar Terbaru Update