Akhir Pekan ! Hujan, Banjir dan Angin Ribut Kepung Karawang

Akhir pekan ini, Sabtu - Minggu (30-31/1), Kabupaten Karawang di kepung ancaman bencana alam. Selain hujan lebat yang membuat beberapa desa terdampak banjir luapan sungai, angin ribut juga ikut mencerabut pepohonan di hampir setiap pelosok Karawang, baik kawasan pemukiman maupun fasilitas umum. Bahkan, angin puting beliung juga ikut meluluh lantahkan perumahan warga di Kecamatan Cilamaya Wetan dan Kota Baru. 

"Sejumlah Pohon tumbang ke akses jalanan sekitar Sabtu sore (30/1) di Rawagempol Wetan, bahkan di Desa Muara ada beberapa rumah rusak atapnya terdampak angin dan pohon tumbang. Sementara air luapan sungai mulai meninggi dan beberapa diantaranya sudah menggenangi wilayah Desa Sukatani pesawahan dan beberapa pemukiman, " Kata Ketua Ikatan Kepala Desa Cilamaya Wetan, H Udin Abdul Gani, Sabtu petang (30/1).



Kepala UPTD Damkar Karawang, Rohmat Ilyas mengatakan, sejumlah wilayah melaporkan adanya pohon tumbang akibat angin ribut, bahkan puting beliung.  Seperti di wilayah Pulogebang RT 001/002 Desa Purwajaya Kecamatan Tempuran. Kemudian di Cilamaya Wetan dan Kecanatan lainnya. "Alhamdllh sudah ditindaklanjuti petugas dibantu warga sekitar lokasi, jadi yang menghalangi fasilitas umum, kita bantu menanganinya. Yang baru melapor itu di Tempuran, Pedes dan Cilamaya Wetan, " Katanya Minggu (31/1).

Sementara itu, Abdul Ajiz, Kepala Dinas Sosial Kepada Pelitakarawang.com mengatakan, laporan hasil assesment pasca kejadian bencana alam angin puting beliung pada tanggal 30 Januari 2021. Beberapa wilayah terdampak, dimana bencana angin rata-rata terjadi sekitar pukul 13.00 Wib, utamanya di Perumahan Pelangi Regency 1,  Desa Pangulah Selatan, Kecamatan Kotabaru. Dilokasi ini, baru terlaporkan ada 18 rumah tersapu angin, utamanya material genting dan asbes. Akibat kejadian itu, sebanyak 16 KK di ungsikan sementara. "Sementara yang terdampak angin parah di Kotabaru, " Ujarnya.***)
Posting Komentar