Pamsimas Sasar Enam Desa di Cilamaya Kulon, Kades : Swadaya Rp70 Juta !

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), menyasar enam Desa di Kecamatan Cilamaya Kulon. Infrastruktur yang diperkirakan mampu di manfaatkan sekitar 700 KK tersebut, dianggarkan Rp245 Juta dari APBN lewat garapan Kementrian PU. Namun, proyek dengan 120 hari kalender kerja itu, ikut menelan anggaran tambahan dari swadaya lewat partisipasi masyarakat melalui program Swadaya In Cash Rp14 juta dan swadaya In Kind Rp54 juta, bahkan APBDes. 

Proyek Program Pamsimas Banyu Tamba di Desa Pasirukem Sedang Berjalan


"Pamsimas di kita anggarannya Rp245 juta dibantu swadaya in cash dan in kind. Program dari Kementrian PU (APBN) ini, lokasinya di Dusun Kecemek RT 07/02 Desa Bayurkidul, Alhamdulillah kita jadi bagian program fisik ini, " Kata Sekdes Bayur Kidul, Haris, Kamis (24/9)

Pjs Kades Pasirukem H Nurdin SH mengatakan, Pamsimas ini merupakan program ajuan dari Kades sebelummya. Digarap oleh masyarakat lewat pendampingan khusus, pembangunan sarana air bersih dan layak konsumsi ini, juga melibatkan partisipasi masyarakat secara swadaya Rp70 jutaan dan APBDes. Di Pasirukem sebutnya, Pamsimas ini di namai "Banyu Tamba" yang diharapkan bisa bermanfaat dari dan oleh masyarakat yang kabarnya bisa menyuplai air pada ratusan KK dengan media pipa dari rumah ke rumah. "Pekerja melibatkan masyarakat setempat di awasi pendampingnya dan juga LPM hingga BPD Desa, " Katanya. 

Kades Langgensari, H Entang Syatori mengungkapkan, Pamsimas ini dibangun diatas tanah hibah dan di gali dengan pipa pada kedalaman ratusan meter. Nantinya, masyarakat bisa mendapatkan air ini melalui pipa dari rumah ke rumah lewat pengelolaan khusus pendamping pamsimasnya, tanpa harus membuat "SanYo" sendiri. Program ini jelas bermanfaat, betapapun harus ada keterlibatan swadaya untuk menambah anggaran dari APBN. Konsepnya, mirip seperti PDAM nantinya, dimana masyarakat mendapatkan air dari rumah kerumah lewat pengelolaan Pamsimas ini. "Kalau air di rumah-rumah memang layak konsumsi tapi hambar, tetapi sumur Pamsimas ini airnya di dapat di kedalaman ratusan meter dan memang sangat layak konsumsi. Kita harap semuanya lancar, " Pungkasnya. 

Seperti di Ketahui, penerima program Kementrian PU berupa Pamsimas di Cilamaya Kulon ini, antara lain Desa Langgensari, Pasirukem, Bayurkidul, Manggungjaya, Sumurgede dan Tegalurung.**
Posting Komentar