Oknum Anggota Bawaslu Medan Kena OTT , Begini Kronologinya

Polda Sumatera Utara (Sumut) membeberkan, kronologi operasi tangkap tangan (OTT) Komisioner Bawaslu Medan Azlansyah Hasibuan, di sebuah hotel, Selasa (14/11/2023). Dalam penangkapan itu, barang bukti diamankan dari tangan pelaku sebesar Rp25 juta.

​Kronologi OTT Anggota Bawaslu Medan oleh Polda Sumut

Polda Sumut mengatakan, Azlansyah ditangkap atas dugaan pemerasan terhadap calon anggota DPRD Kota Medan. Azlansyah terjaring OTT bersama dua orang lainnya berinisial FH (29) dan IG (25).

"Ketiganya tertangkap tangan saat sedang menerima uang. Atas dugaan pemerasan dari salah seorang calon anggota Legislatif Kota Medan," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi, Rabu (15/11/2023).

Hadi mengungkapkan, pengakuan dari keterangan calon anggota DPRD Medan tersebut. Caleg ini merasa dipersulit dan diperas saat mengurus kelengkapan administrasi persyaratan calon wakil rakyat Medan.

Karena merasa kecewa, Hadi menuturkan, korban melapor kepada pihak berwajib. Alhasil, pihak kepolisian melakulan OTT saat transaksi berlangsung.

"Kasus ini berhasil diungkap berdasarkan laporan korban yang merasa dipersulit. Salam pengurusan kelengkapan administrasi persyaratan menjadi anggota DPRD Kota Medan," ucap Hadi.

Lanjutnya, Hadi menegaskan, Polda Sumut kini kerja sama dengan Kejati Sumut dan berbagai instansi. Hal itu, untuk menangani perkara dugaan pemerasan tersebut.

"Saat ini kasusnya dalam proses oleh Tim Saber Pungli. Melibatkan Pokja Yustisi dari Kejati Sumut, Pokja Ahli dan Pokja lainnya," ujar Hadi.

Sebelumnya, kabar penangkapan Azlansyah dibenarkan Ketua Bawaslu Medan David Reynold. Namun sayang, David belum bisa berbicara banyak atas penangkapan anggotanya tersebut.

"Iya benar, kabarnya kita tau tadi siang, jadi karena ada acara ini kami baru tau informasi itu. Tapi nanti jika ada informasi selanjutnya baru kita dapat bicara lagi," kata David, Rabu (15/11/2023).

David mengaku, mendapat kabar penangkapan Azlansyah dari awak media. Terlebih, beberapa hari belakangan, Azlansyah tidak mengikuti kegiatan bersama Bawaslu Medan.

"Tapi hari ini dia memang tidak ikut kegiatan. Bersama Bawaslu se Sumut," ucap David.

Kendati begitu, David mengaku belum mengetahui prihal kasus yang menjerat rekannya di Bawaslu Medan itu. David menyebutkan belum menerima informasi lebih jauh soal Azlansyah.

"Saya harap di luar dari dia Bawaslu Medan, kalau pun terkait jabatannya kita tidak ada kesepakatan apa pun. Saya sendiri tidak ada mendapati kesepakatan seperti itu," ujar David. (*)
Posting Komentar