Jadi Warisan Budaya, Kenali Manfaat Jamu Bagi Kesehatan

Ramuan Tanah Air atau biasa dikenal Jamu, akan segera ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Yakni, oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Foto ilustrasi Jamu

Hal tersebut diumumkan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid. Namun, apakah anda sudah mengetahui manfaat dari jamu?

Jamu merupakan ramuan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari bahan tumbuhan atau tanaman herbal. Ramuan ini secara turun-temurun telah digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Beberapa manfaatnya adalah menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu, mengontrol berat badan hingga meningkatkan stamina atau energi. Manfaat ini bisa anda rasakan dari beras kencur, kunyit asam, brotowali dan kunci sirih.

Berikut ini kelima manfaat minum jamu yang bermanfaat untuk tubuh anda. Diantaranya:

1. Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Beberapa jenis rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan jamu memiliki sifat anti inflamasi. Sifat ini yang bisa membantu tubuh untuk mengurangi terjadinya peradangan. 

Selain itu, jamu yang mengandung jahe memiliki senyawa gingerol yang dapat mengurangi gejala flu. Maka ketika mengalami flu coba meminum jamu ini.

2. Jaga Kadar Kolesterol

Manfaat minum jamu yang kedua adalah membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi sumber penyakit serius lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. 

Ramuan jamu yang tepat seperti campuran sereh dan jahe. Karena keduanya bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kadar kolesterol.

3. Bantu Tingkatkan Nafsu Makan dan Jaga Pencernaan

Salah satu manfaat minum jamu yang cukup populer adalah membantu meningkatkan nafsu makan. Seperti temulawak merupakan salah satu rempah yang berguna untuk membangkitkan gairah makan. 

Biasanya, jamu dengan bahan temulawak cocok untuk dikonsumsi anak. Apalagi temulawak juga bisa membantu kesehatan pencernaan anda.

4. Sumber Antioksidan

Banyaknya rempah khas Indonesia ternyata memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan ini sangat penting bagi tubuh untuk melawan efek radikal bebas. 

Pengaruh radikal bebas ternyata bisa membawa penyakit kronis seperti kanker. Dengan mengonsumsi jamu secara rutin, anda bisa mendapatkan antioksidan dari rempah-rempah, seperti temulawak dan kunyit.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Bagi sebagian orang, jamu identik dengan orang-orang yang sudah berumur. Hal ini dikarenakan jamu mampu mengurangi rasa nyeri. 

Pilihan jamu yang tepat bisa membantu mengatasi rasa pegal linu dan sakit nyeri yang anda alami. Beberapa pilihan yang cocok adalah jamu yang mengandung kencur dan temulawak.(*)

Posting Komentar