Marsekal Madya TNI Kusworo Resmi Jabat Kepala Basarnas

Kabar Karawang -Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi melantik Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo, pada Rabu (4/10/2023) kemarin. Kusworo menggantikan Marsekal Madya TNI (purn) Henri Alfiandi.

Marsekal Madya TNI Kusworo Resmi Jabat Kepala Basarnas

Marsekal Madya TNI Kusworo dilantik sebagai Kepala Basarnas berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 135/TPA TAHUN 2023. Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

"Basarnas memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam menyelamatkan setiap jiwa dari risiko bencana dan kedaruratan lainnya. Dalam situasi apapun," kata Budi, Rabu. 

Basarnas, kata dia, harus melakukan perkuatan Pencarian dan Pertolongan Nasional dengan memperbanyak inovasi memanfaatkan teknologi, meningkatkan kompetensi SDM, memperkuat sinergi, dan kolaborasi. "Serta memperkuat pencegahan, mitigasi, dan antisipasi kebencanaan," ujar Budi.

Budi juga menyampaikan pesan kepada Kepala Basarnas. "Agar perkuatan pencarian dan pertolongan nasional tersebut, turut didukung sumber daya manusia yang menjunjung tinggi integritas," kata Budi.

"Kami mengucapkan selamat bertugas kepada Kepala Basarnas dan tetap berkomitmen menjaga amanah dan integritas,". Menurut dia, Basarnas perlu mengoptimalkan perannya dengan berkolaborasi dengan seluruh pihak.

"Seperti Kemenhub, TNI, POLRI, dan unsur terkait lainnya," ucap Budi. Turut hadir Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo dan Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran.

Posting Komentar