Bapanas Kembali Gelar Pangan Murah Serentak

Badan Pangan Nasional (Bapanas) kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak nasional. GPM ini tersebar di 421 titik di 262 Kabupaten atau Kota yang ada di 38 provinsi.

Bapanas Kembali Gelar Pangan Murah Serentak

Hal itu disampaikan Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi dalam peluncuran GPM Serentak di Jakarta, Senin (16/10/2023). 

"Hari ini kalau 461 titik artinya timnya pak Tito (Menteri Dalam Negeri) ini bekerja keras," katanya.

Arief menyebutkan jumlah GPM kali ini bertambah signifikan dibandingkan sebelumnya. Tercatat pada GPM sebelumnya bulan Juni lalu jelang Idul Adha 2023, hanya terdapat 341 titik.

Menurut Arief sejumlah bahan pangan yang dijual sama seperti GPM sebelumya, yakni bahan pangan strategis. Meliputi beras, kedelai, gula konsumsi, minyak goreng, jagung, bawang, cabai, daging ruminansia, daging dan telur ayam.

Arief menjamin masyarakat bisa mendapatkan harga yang wajar dalam GPM yang digelar pemerintah ini. "Artinya serentak hari ini bahkan melampaui rekor muri kita, karena rekor muri kita waktu itu 300 sekian, sekarang sudah 400," ujarnya.

Lebih lanjut Arief berharap GPM ini bisa dilakukan secara terus-menerus hingga akhir tahun 2023. Hal itu, kata dia, sejalan dengan penugasan Presiden Joko Widodo yang ingin memberikan masyarakat harga pangan terjangkau.(*)

Posting Komentar