Kabarr Karawang - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Karawang akan membagikan 57.000 sertifikat gratis melalui program pendaftaran tanah sistematis lengk


Kabarr Karawang - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Karawang akan membagikan 57.000 sertifikat gratis melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Untuk itu BPN Karawang saat ini bergerak cepat dengan melakukan 'delivery service' atau mengantar langsung sertipikat ke rumah-rumah warga.

BPN Karawang Target 57Rb Sertifikat


Ketua Tim 3 PTSL BPN Karawang, Nurul Huda menjelaskan, BPN Karawang telah merumus konsep agar pembagian sertipikat tidak lagi secara kolektif. Namun didasari pada setiap update pencetakan sertifikat.

Inovasi tersebut agar memberikan kemudahan dan percepatan layanan kepada masyarakat penerima program PTSL.

"Untuk pembagian sertifikat tidak lagi kolektif karena dikhawatirkan masyarakat terlalu lama menunggu. Hari ini konsepnya ketika sudah tercetak langsung bagikan door to door," kata dia saat membagikan 30 sertifikat PTSL di rumah warga di Desa Karyamulya, Kecamatan Batujaya, Kamis (30/6/2022).

Di samping pembagian sertifikat, pihaknya juga langsung jemput bola ke masyarakat dalam hal pemberkasan. Hal itu dilakukan untuk mengeliminir kendala administrasi sekaligus edukasi langsung ke masyarakat terkait program PTSL.

"Jika ada hambatan di lapangan maka kita lakukan pemberkasan secara door to door langsung ke masyarakat," terang Humaidi.

Sebelumnya, Kepala BPN Karawang, Humaidi menyebut, dari 57.000 bidang tanah yang ditargetkan, tercatat hingga per 6 bulan ini sudah 45.000 bidang yang dituntaskan dalam bentuk sertifikat.

"Targetnya November pelaksanaan PTSL sudah beres, terutama pengambilan data fisik dan yuridis. Artinya ketika masuk Desember itu sudah 100 persen tercetak," kata Humaidi.

Pihaknya menetapkan progres PTSL dimaksimalkan 300 berkas per hari. Dengan dibagi 5 tim ajudikasi, maka baginya bukan hal mustahil target penuntasan di awal November terealisasi.

"Pemberkasan sejauh ini sudah 45.000 berati kan sisanya 12 ribuan dan kita perhitungkan 1 bulan itu 3 ribu," kata dia.

"Per hari dimaksimalkan 300 berkas. Jika dalam 1 bulan minimal bisa 3 ribu berkas, maka di bulan November secara keseluruhan bisa tercapai," sambungnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat memanfaatkan program PTSL, khususnya bagi masyarakat yang tahun ini termasuk dalam target lokasi.

"Semoga program ini bisa dimaanfaatkan betul oleh masyarakat. Silakan untuk mendaftarkan tanahnya ke desanya masing-masing, karena tanpa ada yang mendaftar program ini juga tak akan berjalan," pungkasnya.



Kabarkarawang.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri Kamu lewat link Berikut Menulis Artikel