no fucking license
Bookmark

Luhut Pandjaitan Bersyukur 80 Juta Orang Bisa Mudik Lebaran 2022: Suasananya Jauh Lebih Baik

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengucap sykur karena pada momentum Lebaran 2022 sekira 80 juta orang bisa mudik.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. Politisi PDIP Masinton Pasaribu blak-blaka, ungkap mengapa dirinya kritik Luhut Pandjaitan. /Dok. BPMI Setpres

"Saya mendapatkan kabar bahwa ada sekitar 80 juta orang yang melakukan perjalanan mudik pada momentum Idul Fitri tahun ini, setelah dua tahun kita melakukan pembatasan karena situasi pandemi yang mengkhawatirkan," kata Luhut Pandjaitan melalui akun media sosialnya, Senin, 2 Mei 2022.

Meski demikian, Luhut menyebutkan perayaan Idul Fitri tahun 2022 ini memang masih dalam masa pandemi tapi suasana saat ini lebih baik ketimbang 2 tahun lalu.

"Tahun ini umat Muslim yang merayakan Idul Fitri sudah bisa mudik sekadar untuk mengunjungi sanak keluarga dan saudara di kampung dan kehangatan dan suasana silaturahmi hari kemenangan," katanya.

Luhut kemudian mengajak semua masyarakat untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan sebagai bentuk rasa syukur bisa melewati pandemi.

"Semoga kebebasan ini bisa terus kita nikmati dan syukuri dengan terus jalankan protokol kesehatan secara tertib. Kita terus berdoa semoga tidak ada lagi varian baru yang ganas yang kita hadapi ke depan. Selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, mohon maaf lahir dan batin," ujar Luhut.

Sebelumnya, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan sekira 80 juta orang mudik tahun 2022.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) juga mengungkapkan kepadatan mudik tahun 2022 sebagai rekor terbaru soal arus mudik yang terjadi di Indonesia.

Bahkan situasi mudik pada tahun ini disebutkan oleh Jasa Marga sudah kalahkan rekor sebelum pandemi Covid-19 terjadi di tahun 2019.

"Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, pada periode arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2019 lalu," ucap Corporate Communication Development Group Head PT Jasa Marga (Persero), Dwimawan Heru dalam keterangan yang diterima Pikiran-Rakyat.com, Minggu, 1 Mei 2022.

Jasa Marga juga mencatat adanya rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus mudik, yakni sebanyak 103.077 kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek.

Kendaraan-kendaraan tersebut mengarah ke timur via Jalan Tol Trans Jawa yang melintas melalui GT Cikampek Utama.(*).

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x