Pemudik, Kapolri Minta Pengendara Menyesuaikan Peraturan Ganjil Genap

Sudah bersiap akan mengaspal mudik Lebaran 2022? Simak imbauan Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo tentang waktu mudik dengan jadwal ganjil genap yang akan diberlakukan secara situasional mulai 28 April 2022.

Pemudik, Kapolri Minta Pengendara Menyesuaikan Peraturan Ganjil Genap

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan imbauan ini saat memeriksa kesiapan pengamanan mudik Lebaran di Pos Terpadu Rest Area Km 57 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Kami mengimbau masyarakat yang sudah memiliki kesempatan dan sudah libur bisa segera mudik lebih awal," papar Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo lewat keterangan tertulis.

Menurut Kapolri, proses rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan jajaran Polri mulai ganjil genap, contraflow (lawan arah) hingga sistem satu arah (one way) di H-4 Lebaran akan dilaksanakan pukul 17.00 - 24.00 WIB mengarah ke timur.

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan faktor keamanan dan kesehatan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik tahun ini, dengan menyiapkan berbagai upaya dan strategis bersama aparat terkait.

Guna memastikan layanan ini terlaksana, Kapolri melakukan pengecekan secara langsung untuk mengetahui langkah-langkah yang akan dilaksanakan seluruh anggota dalam menghadapi potensi kemacetan saat arus mudik.

Selain mengimbau masyarakat mudik lebih cepat, Kapolri juga mengimbau masyarakat yang mudik agar bisa melalui jalur alternatif selain tol. Seperti jalur Pantai Utara (Pantura) dan Jalur Pantai Selatan (Pansela) untuk menghindari kemacetan.

"Semua upaya itu dilakukan demi menciptakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat," tandas Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Selain fokus menciptakan mudik yang aman, ia menekankan seluruh pihak terkait juga fokus untuk mewujudkan mudik yang nyaman dan sehat bagi masyarakat.

Pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu telah disiapkan serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan ketika melaksanakan mudik.

"Masyarakat yang kelelahan dan ingin istirahat bisa memanfaatkan berbagai fasilitas di pos. Bisa beristirahat dan bagi yang berbuka puasa juga disiapkan takjil. Kami berupaya menekan angka kecelakaan selama arus mudik seminimal mungkin," tukas Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Mudik sehat kami bekali vaksin booster. Sehingga saat bertemu keluarga dan masyarakat, sama-sama memiliki imunitas. Mudik nyaman karena jalur rekayasa dan pilihan waktu yang kami siapkan diketahui oleh masyarakat melalui informasi yang akan terus disampaikan melalui berbagai jalur media, sehingga masyarakat bisa terhindar dari potensi kemacetan," tuturnya lagi.

Strategi lain yang disiapkan oleh Polri dalam menghadapi mudik Lebaran kali ini adalah strategi kejadian tak terduga. Seperti kecelakaan ataupun bencana alam. Polri juga bekerja sama dengan PT Pertamina menyiapkan tim mobile guna mengantisipasi pemudik yang kehabisan bahan bakar di perjalanan.(ad)

Posting Komentar