no fucking license
Bookmark

Biaya Tol dan Penyeberangan Merak-Bakauheni Kalau Hendak Mudik ke Sumatera

Pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik pada Lebaran seiring dengan penurunan kasus covid-19 tahun ini. Salah satu rute favorit untuk pulang kampung ke Sumatera, terutama Sumatera Barat dan Riau.

Yuk, perhatikan beberapa ruas jalan tol yang akan dilalui dari Jakarta untuk sampai ke Sumatera Barat atau Riau. Mulai dari tol Jakarta-Tangerang, ruas tol Tangerang-Merak, kemudian kapal feri Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakauheni, tol Bakauheni-Terbanggi Besar, tol Kayu Agung-Palembang, dan jalan raya umum.

Waktu tempuh dari Jakarta menuju Palembang melalui tol, tidak sampai 10 jam. Rata-rata antara 7 sampai 8 jam, tergantung kecepatan kendaraan.

Berapa besaran tarif yang harus dikeluarkan untuk biaya tol dan kapal feri pelabuhan Merak-Bakaiheni ?

Dikutip laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, pemudik dapat menggunakan kendaraan golongan satu seperti sedan hingga bus. Kalau dari Jakarta, tentu tol pertama yang akan dilewati adalah ruas tol Jakarta-Tangerang dengan tarif Rp 7.000 dan mengambil pintu keluar Gerbang Tol Cikupa. Kemudian, melanjutkan perjalanan melalui tol Tangerang-Merak dengan tarif Rp 44 ribu.

Untuk menyeberang ke Pulau Sumatera, menggunakan kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Menurut aplikasi Ferizy milik PT ASDP, kendaraan sedan penumpang yang masuk ke golongan 4A dikenakan biaya Rp 419 ribu.

Pelayanan penyeberangan Pelabuhan Merak beroperasi 24 jam setiap hari. Sementara, waktu tempuh Merak-Bakauheni yang berkisar 2-3 jam dengan jarak tempuh 30,6 kilometer.

Kapal yang beroperasi di Pelabuhan Merak terdiri atas kapal yang dikelola PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak dan kapal yang dikelola swasta.

Sejumlah kapal yang dikelola PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak ada delapan yang terdiri atas, KMP KMP Jatra 2, KMP Jatra 3, KMP Sebuku, KMP Batumandi, KMP Legundi, KMP Portlink, KMP Portlink 3, dan KMP Portlink 5. Kemudian ada kapal yang dioperasikan oleh 21 perusahaan swasta

Sesampainya di pelabuhan Bakauheni, perjalanan dilanjutkan melalui tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan biaya Rp 111 ribu dan kemudian tol Kayu Agung-Palembang dengan tarif Rp 50 ribu. Dengan begitu, biaya tol dan kapal feri yang perlu dikeluarkan adalah sebesar Rp 631 ribu.

Setelah keluar di pintu gerbang Palembang, perjalanan dilanjutkan ke Sumatera Barat atau Pekanbaru, Riau dengan beberapa jalan non tol, yakni Jalan Lintas Sumatera, mulai dari Jalan Muaro Bulian, Jalan Muaro Bungo Jambi, hingga masuk ke wilayah Kiliran Jao Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Kalau hendak menuju Kota Pekanbaru, Riau maka akan belok di daerah Kiliar Jao ke kanan menuju wilayah Inderagiri Hulu.

Berikut rincian biaya tol dan penyeberangan Jakarta-Palembang:

1. Jakarta-Tangerang: Rp7.000

2. Tangerang-Merak: Rp44 ribu

3. Kapal feri: Rp419 ribu

4. Bakauheni-Terbanggi Besar: Rp111 ribu

5. Kayu Agung-Palembang: Rp50 ribu

Total: Rp 631 ribu.(*)

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x