Era Digital, Kawan Ini Beragam Cara Hubungkan HP ke TV Mudah dan Cepat

Perkembangan teknologi memudahkan pengguna handphone (hp) baik Android maupun iPhone (iOS) meyambungkan perangkatnya ke televisi. Caranya pun cukup mudah apalagi didukung dengan adanya smart TV.

Kemudahan ini membuat pengguna hp bisa melakukan aktifitas dengan layar yang lebih besar. Ini tentu juga bisa menunjang pekerjaan cukup dengan hp sudah bisa melakukan presentasi.

Selain itu, bisa juga untuk tujuan hiburan. Mulai dari bermain gim, ataupun menikmati drama korea, tv series maupun film dari aplikasi seperti Netflix ataupun Disney+ Hotstar.

Lalu bagaimana cara menghubungkan HP ke TV? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store (Android) atau Apps Store (iOS).

Berikut 5 rekomendasi aplikasi hubungkan hp ke TV.

1. Miracast- Wifi Display

Pengguna hp robot hijau (Android) bisa menggunakan aplikasi ini untuk menyambungkan perangkatnya ke TV. Aplikasi ini memiliki fitur memutar layar android ke layar TV (Smart TV harus mendukung Wireless Display / Miracast) dan menemukan perangkat yang mendukung tampilan layar pada jaringan wifi yang sama.

Cara menghubungkan:

  • Pastikan TV adan mendukung Wireless Display / Miracast.
  • Terhubung dengan jaringan yang sama.
  • Klik tombol sambungkan di aplikasi dan pilih TV.

Sebagai catatan aplikasi ini hanya mendukung Android versi 4.2 ke atas.

2. Screen Mirroring Aplikasi berikutnya adalah Screen Mirroring besutan Studiosoolter. Dengan aplikasi ini, Anda akan lebih mudah untuk mencerminkan layar Anda atau menggunakan fitur cast dari aplikasi yang didukung.

Aplikasi ini akan membantu Anda untuk memindai dan menghubungkan layar ponsel atau tab Android Anda di Smart TV / Display (miracast diaktifkan) atau dongle atau adaptor Nirkabel.

3. Screen Mirroring - TV Cast

Aplikasi ini untuk pengguna iPhone yang ingin menghubungkan perangkatnya ke TV. Aplikasi memiliki rating tinggi di Apps Store, yakni 4,7.

Screen Mirroring - TV Cast menjanjikan kualitas yang tinggi dan real time speed saat iPhone terhubung dengan TV.

Cara menggunakan aplikasi Screen Mirroring - TV Cast:

  • Hubungkan iPhone / iPad dan TV Anda ke jaringan wifi yang sama
  • Buka aplikasi dan hubungkan aplikasi ke TV Anda
  • Izinkan TV Anda terhubung ke iPhone / iPad Anda
  • Buka aplikasi dan klik Mulai Pencerminan untuk mulai pencerminan di TV Anda
  • Untuk menghentikan pencerminan, klik pada bilah merah atas iPhone Anda.

    Halaman Selanjutnya

    4. ApowerMirror ApowerMirror adalah…

4. ApowerMirror

ApowerMirror adalah aplikasi screen mirroring nirkabel yang kompatibel dengan banyak perangkat dan platform. Ini memungkinkan Anda mentransmisikan layar iPhone ke Smart TV (kotak TV) dalam kualitas tinggi.

Aplikasi ini yang mendukung banyak protokol seperti AirPlay dan Miracast.

Fitur di aplikasi ini antara lain bekerja dengan baik saat berbagi layar video, foto, dan dokumen yang disimpan di ponsel Anda dalam rapat bisnis. Mentransmisikan PowerPoint dan PDF ke komputer dan Smart TV Anda. Anda juga dapat mengontrol PowerPoint dari telepon Anda selama presentasi.

Aplikasi ini juga memiliki fitur perekaman layar dan tangkapan layar. Selain itu, juga mendukung streaming video dari semua aplikasi yang kompatibel dengan DLNA.

  • Hubungkan telepon dan komputer / TV Anda ke jaringan WiFi yang sama.
  • Instal dan jalankan aplikasi mirror ini (ApowerMirror) di ponsel dan komputer / TV Anda.
  • Di iPhone Anda, buka Control Center lalu ketuk "Screen Mirroring". Pilih nama "Apowersoft + perangkat Anda" dan kemudian layar ponsel Anda akan berhasil dicerminkan.
    Foto ilustrasi

Selain dengan menggunakan aplikasi, ponsel Android juga memiliki fitur menghubungkan hp ke TV salah satunya Smart View (Samsung), Wifi Display (Vivo). Sedangkan iPhone memiliki fitur Air Play.****uwa.

Posting Komentar