KKN UNISMA 2022 : Belajar Sembari Bermain Game Edukasi

KKN UNISMA 2022

Kabar Karawang - Peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Islam "45" Bekasi (Unisma) melakukan program kegiatan Edukasi dan Pelatihan Public Speaking bagi siswa/i MI Mathla'ul Anwar Segaran 1 Kab. Karawang, Jawa Barat (29/8/2022).

Dalam kegiatan ini, siswa/i kelas 6 yang berjumlah 26 orang diberikan edukasi tentang dunia Public Speaking dengan metode yang menyenangkan, guna nantinya dapat berperan aktif dalam mengekspresikan pandangan pribadi dan sebagai bekal softskill. 

Belajar Sembari Bermain Game Edukasi

Disetiap harinya selama 3 hari kegiatan, siswa/i diberikan game edukasi Tebak Gambar sebagai sarana hiburan sekaligus melatih kecerdasan dan Public Speakingnya. Dengan begitu, anak lebih berani berbicara di dalam kelas dengan memberikan tanggapan terhadap persoalan yang diberikan.

KKN UNISMA 2022 : Belajar Sembari Bermain Game Edukasi sebagai Pelatihan Public Speaking si Dusun Segaran

Kegiatan edukasi dihari pertama, membahas apa itu Public Speaking, apa pentingnya, dan tips Public Speaking. Lalu hari kedua, diperkenalkan dengan tokoh Islam yang pandai dibidang Public Speaking. 

Dilanjut dengan membacakan pidato di depan kelas yang telah diberikan teksnya dihari sebelumnya, sebagai praktik Public Speaking. Setelah membaca pidato, siswa/i dibentuk kelompok untuk bermain Game Kritis (GATIS) dengan memecahkan permasalahan yang sudah ditentukan setiap kelompok dan di presentasikan di depan kelas.

Hari ketiga, dilakukan kegiatan Evaluasi sebagai bentuk respon mereka terhadap peserta KKN yang mengajarkan Public Speaking dengan melibatkan walikelas dan perwakilan siswa. "Terima kasih kepada adik-adik mahasiswa telah mengajarkan siswa kami Public Speaking atau berbicara di depan umum, yang mana pelajaran ini tidak diajarkan di sekolah. Makannya,

kami bersyukur bisa diajarkan", ujar Pak Arif selaku walikelas 6 MI Mathla'ul Anwar Segaran 1 Siswa/i pun mengaku senang mendapatkan ilmu baru yang diberikan oleh peserta KKN Unisma

Belajar Sembari Bermain Game Edukasi

"Terima kasih sudah diajarkan selama 3 hari, senang bisa belajar pelajaran baru", ujar Isabela Tak lupa pembagian hadiah untuk kegiatan pembacaan pidato dihari kedua pun dilakukan sebagai penutup program kegiatan Edukasi dan Pelatihan Public Speaking yang dijuarai oleh Deni, Dede, Inayah, dan Zaki.

Posting Komentar