Kabar Karawang - Rabu, 20 Juli 2022 Berlangsungnya kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Tematik Dalam jangka waktu kurang lebih 1 Bulan di Desa Cibuntu


Kabar Karawang - Rabu, 20 Juli 2022 Berlangsungnya kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Tematik Dalam jangka waktu kurang lebih 1 Bulan di Desa Cibuntu, kecamatan wanayasa, Purwakarta oleh Rizki Romadhan, Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Indonesia kampus Purwakarta.

Pengenalan Budaya Melalui Teknologi

Tema KKN tahun Tahun 2022 yang diangkat pada kegiatan adalah “ Pemberdayaan SDG’S desa yang merupakan singkatan dari Sustainble Development Goals yang memiliki arti Percepatan Pencapaian Tujuan pembangunan Nasional Berkelanjutan. 

SDG's Desa memiliki 8 tipe desa, antara lain ; Desa tanpa kemiskinan & kelaparan, Desa Peduli Kesehatan, Desa Peduli pendidikan, Desa Ramah perempuan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa Peduli Lingkungan, Desa Berjejaring, Desa Tanggap budaya.

Pada kesempatan KKN Kali ini penulis mendapatkan Tema Desa tanggap Budaya, Desa tanggap Budaya memiliki tujuan untuk Penguatan Tradisi Religi bagi Masyarakat, Pada kegiatan kali ini penulis memberikan penguatan tradisi budaya kepada siswa/i SDN 01 Cibuntu melalui Pengembangan Teknologi komik digital.

Komik digital adalah sebuah karya komik yang dibuat dengan menggunakan perangkat dan media digital penulis membuat komik digital menggunakan aplikasi canva, cara kerja dari Komik digital sendiri Siswa/i membaca arahan yang ada di komik digital, kemudian gambar yang ada di komik digital di klik langsung mengarah ke video YouTube/ ke Games melalui aplikasi Quiziz. Melalui komik digital penulis mengenalkan budaya - budaya dan tradisi yang ada di kabupaten Purwakarta khususnya di Desa Cibuntu, seperti pengenalan tradisi peringatan ulang tahun kabupaten Purwakarta, tradisi tutunggulan yang menjadi ikonik Desa Cibuntu, selain itu juga penulis memasukan Games berupa kuis di komik digital yang berisi tebak - tebakan mengenai tradisi yang ada di desa cibuntu, rumah adat, dan makanan ciri khasnya. 

Melalui wawancara langsung dengan Kepala desa Cibuntu dan masyarakat untuk  Pengembangan Teknologi di desa Cibuntu tergolong masih rendah, masih banyak sekali masyarakat yang buta akan teknologi ( GAPTEK ).

Penulis melakukan sharing kepada Guru yang ada Di SDN 01 Cibuntu mengenai pengembangan teknologi  dalam bidang pendidikan,  Hasil dari kegiatan ini siswa/i yang ada di SDN 01 CIBUNTU banyak mengenal lebih dalam mengenai budaya lokal yang ada di kabupaten Purwakarta terkhusus di desa Cibuntu.

Dosen Pembimbing Lapangan : Jojor Renta Maranatha, M.Pd.



Kabarkarawang.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri Kamu lewat link Berikut Menulis Artikel