KKN Tematik UPI 2022 Pelestarian Tari Daerah Indonesia

Kabar Karawang - Zaman modern, menurut kalian apakah arti dari kata tersebut ? Menurut wikipedia zaman modern merupakan zaman setelah tahun 1500 dimana di tandai runtuhnya Kekaisaran Romawi Timur, penemuan Amerika oleh Christopher Columbus, serta dimulainya Zeitgeist dan reformasi gereja oleh Martin Luther. 

Pelestarian Tari Daerah Indonesia

Zaman modern merupakan masa dimana perkembangan pesat di bidang ilmu pengetahuan, politik, dan teknologi. Dari akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, seni modern, politik, iptek, dan budaya tak hanya mendominasi Eropa Barat dan Amerika Utara, tetapi juga hampir setiap jengkal daerah di dunia. 

Dari perkembangan perkembangan yang terjadi anak muda saat ini lebih banyak melihat zaman modern dari segi teknologi, fashion, ataupun budaya orang luar. Yang pada akhirnya budaya kita sendiri yaitu Indonesia tergerus habis oleh hal hal tersebut. 

Namun dengan pendidikan yang tepat hal ini dapat di minimalisir, salah satu contohnya dalam pendidikan formal yaitu SD Swasta sartika bertempat di DS pangulah utara kecamatan kotabaru kabupaten Karawang. 

Dengan sangat baik mencoba untuk dapat melestarikan budaya indonesia lewat tarian daerah yang menjadi salah satu pembelajaran seni budaya dan keterampilan dimana hal ini termasuk dalam pembelajaran tematik tema 5, serta pengembangan dari kurikulum merdeka.

Fransiska Aprelia, mahasiswa KKN Tematik UPI Kampus Purwakarta tahun 2022. Membuat kegiatan Proker bersama guru kelas 5 (ibu Eko Sulistyaningsih, S. Pd.) yaitu berkaitan dengan pegembangan tari daerah Indonesia. Dengan tujuan dari tari ini dapat melesatrikan tari daerah serta membentuk pergaulan dan kesenian para siswa. 

Dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat pada para siswa agar lebih mengetahui macam macam tarian tradisional daerah di Indonesia dan harapannya menjadi salah satu cara untuk siswa lebih mencintai kebudayaan Indonesia salah satunya yaitu tari tradisional daerah.

Posting Komentar