Kecepatan Kelurahan Ciseureuh Purwakarta dalam Penanganan Pengaduan Informasi

Kelurahan Ciseureuh Purwakarta

Kabar Karawang - Teknologi informasi adalah seni menciptakan informasi yang relevan, strategis, akurat, dan tepat waktu untuk berbagai tujuan termasuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan. Dengan terus berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, hal ini dapat menyebabkan munculnya alat-alat yang lebih canggih. 

Saluran komunikasi juga meningkat karena smartphone dan internet. Maka lahirlah media sosial, sebuah media online internet di mana kita dapat mengekspresikan ide-ide kita, mengekspresikan diri, dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan kita.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tentunya membawa dampak positif dan negatif yang disadari oleh masyarakat. Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi adalah: 1. Menyederhanakan dan mempersingkat proses berbagi informasi. 

2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. 

3. Memfasilitasi komunikasi bahkan jarak jauh. 

Di sisi lain, dampak buruk dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai berikut.

1. Kecanduan teknologi. 

2. Orang kurang bersosialisasi karena terlalu fokus pada teknologi. 

3. Jumlah pengangguran meningkat. Kelurahan Ciseureuh di Kabupaten Purwakarta juga merasakan dampak positif dari perkembangan informasi dan komunikasi. Dengan kemajuan teknologi dan informasi, Kelurahan akan berbagi informasi dengan RT dan RW melalui grup-grup WhatsApp jika ingin bertindak. 

"Jadi ketika kami melakukan kegiatan, kami mengirimkan informasi langsung ke rt dan rw melalui grup WhatsApp. Grup WhatsApp ini mencakup seluruh pimpinan RT dan RW yang ada di Kelurahan Ciseureuh," kata Deni Rosdian, Kasi Ketentraman, Ketertiban Umum dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Ciseureuh, Rabu 27 Juli 2022. 

Sebagai informasi, pihak Kelurahan juga menggunakan media sosial WhatsApp sebagai sarana komunikasi, dan saat Kelurahan Ciseureuh mengajukan pengaduan ke RT/RW, RT/RW akan mengecek kebenaran pengaduan tersebut. Deni juga menjelaskan. Rosdian mengatakan tanggapan pihak Kelurahan sendiri terhadap masalah tersebut adalah dia langsung mendatangi TKP. Setelah mengkonfirmasi pengaduan, kami sendiri langsung ke TKP. Pengecekan yang dilakukan oleh rt/rw di masa lalu bertujuan untuk memastikan bahwa pengaduan yang diterima tidak mengandung informasi yang tidak benar.

Posting Komentar