Kabar Karawang - Dilangsungkan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dalam jangka waktu satu bulan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cikampek Timur II


Kabar Karawang - Dilangsungkan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dalam jangka waktu satu bulan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cikampek Timur II oleh Retno Ariyanti Nurningtias, Mahasiswa Prodi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia.


Tumbuh Kembang SDGs

Tema KKN pada tahun 2022 yang diangkat pada kegiatan adalah “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM”. SDG’s merupakan singkatan dari Sustainable Development Goals yang diartikan juga sebagai persiapan penanganan sungguh-sungguh ditelaah melalui program pembangunan berkelanjutan.


Isu Indonesia terutama terfokus pada indeks pembangunan manusia yang diajarkan di kelas-kelas dasar. Program ini mengubah pemahaman konsep SDG's global yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 25 September 2015. Memiliki 18 program, alasan dibuatnya SDG's Desa berdasarkan Peraturan Presiden nomor 59 Tahun 2019. Perpres yang didalamnya meliputi keberadaan bangsa Indonesia saling menghargai dalam keberagaman agama, budaya, bahasa, adat istiadat, hingga memadukan kearifan masyarakat lokal dan usaha pedesaan yang produktif untuk bertahan dan berkembang.

Menanggapi kegiatan dengan konsep SDG’s, Kepala Sekolah SDN Cikampek Timur II Heni Mulyani, S.Pd.SD. menyambut baik dan mengapresiasi untuk dilakukan program pembangunan berkelanjutan pada tingkat dasar. Menurutnya, penting belajar dibangku sekolah dengan guru dan teman sebaya. "menyelamatkan generasi penerus bangsa, anak-anak mendapat pendidikan di sekolah dasar sebagai persiapan menjalankan kenegaraan dimasa mendatang"

Lanjut "siswa sekolah dasar perlu dididik dengan cara masa kini demi mengejar ketertinggalan dampak pandemi dan menguasai perubahan dinamis dunia global”.

Program yang dibawakan mahasiswa dalam pendidikan desa berkualitas meliputi:

  1. Akses anak ke Sekolah Dasar terakreditasi
  2. Angka partisipasi kasar
  3. Angka partisipasi murni
  4. Angka melek aksara latin dan non latin pada penduduk usia diatas 15 tahun
  5. Rata-rata lama sekolah penduduk >20 tahun mencapai 12 tahun
  6. Tersedia taman bacaan masyarakat atau perpustakaan

Kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam proses meningkatkan partisipasi dalam pembangunan ditanamkan sedari dini. Anak-anak yang menempuh pendidikan sekolah dasar harus sudah dikenalkan kebiasaan berbangsa dan bernegara. Dengan program-program yang disebutkan diatas, mahasiswa membagikan pandangan kegiatan yang dilakukan dengan akses siswa masuk sekolah dengan mudah, proses belajar mengajar di sekolah antara guru dengan siswa di kelas, hingga memperoleh pengetahuan dan keahlian terutama dalam membaca di SDN Cikampek Timur II sudah sangat baik.



Kabarkarawang.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri Kamu lewat link Berikut Menulis Artikel