Berita Karawang - Sudah menjadi kebiasaan dan tradisi, ratusan siswa baik dari TKQ, RA, Paud hingga MI, Mts dan MA yang ada di Desa Sumurgede dan Mang


Berita Karawang - Sudah menjadi kebiasaan dan tradisi, ratusan siswa baik dari TKQ, RA, Paud hingga MI, Mts dan MA yang ada di Desa Sumurgede dan Manggungjaya bahkan Tegalurung Kecamatan Cilamaya Kulon, penuhi komplek makam Adipati Singaperbangsa jelang di mulainya tahun ajaran baru. Jumat pagi, (15/7/2022), sejumlah siswa bersama para guru dan kepala sekolahnya, hadiahan dan tahlil berjamaah di pusara makam para leluhur Kabupaten Karawang tersebut.

Ratusan Siswa di Sumurgede Rutinkan Ziarah


Kuncen Makam Adipati Singaperbangsa Ustad Ade Cahya mengatakan, setiap mau masuk tahun ajaran baru, memang sudah menjadi tradisi semua sekolah di wilayah Sumurgede, Manggungjaya dan sebagian Tegalurung pasti ziarah dulu ke makam. Bukan saja siswa dari MI dan Mts/SMP, tradisi ziarah berjamaah ini juga di lakukan hingga tingkatan Paud, seperti TKQ, RA dan Paud.

"Sudah tradisi, ini tujuannya sebagai bentuk penghargaan juga kepada para leluhur, khususnya adipati Singaperbangsa, sekaligus mengedukasi kepada siswa tentang sejarah para pendahulu dan menerapkan juga tradisi ahlussunnah wal jamaah tentang ziarah, " Katanya.

Mentradisikan ziarah jelang di mulainya pembelajaran ini, salah satunya karena arahan dari para sesepuh dan tokoh setempat, khususnya juga dari orang sekitaran komplek makam adipati singaperbangsa. Sehingga, setiap tahun, tradisi ini terus berlanjut dan tetap lestari.

"Bukan anak sekolah saja, bahkan juga para santri pesantren, malahan kalau santri mah bukan hanya pas mau tahun ajaran baru, tapi selalu ada yang setiap bulan, " Ungkapnya.



Kabarkarawang.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri Kamu lewat link Berikut Menulis Artikel