Kabar Karawang - Universitas Pendidikan Indonesia kembali mengadakan kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata sebagai mata kuliah wajib untuk mahasiswa/i


KKN Tematik UPI 2022

Kabar Karawang - Universitas Pendidikan Indonesia kembali mengadakan kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata sebagai mata kuliah wajib untuk mahasiswa/i semester genap. Tema KKN yang diangkat pada tahun 2022 yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM”. 

SDG’s atau Sustainable Development Goal merupakan upaya yang dilakukan melalui program-program pembangunan berkelanjutan untuk peningkatan kualitas kehidupan.nas.

Salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang mengikuti kegiatan KKN ini yaitu Irma Komala Dewi, ia berasal dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pelaksanaan kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa tersebut mengusung tema kecil “Pendidikan Desa Berkualitas” di SD Negeri Parakan II Karawang. 

Program yang dilakukan pada kegiatan KKN ini bertujuan untuk menjamin kualitas pendidikan yang merata dan meningkatkan kesempatan belajar siswa. Selain itu program dibuat berdasarkan dengan permasalahan belajar siswa. Permasalahan yang utama yaitu kurangnya minat belajar semangat siswa. Masalah ini dapat dikatakan masalah yang umum atau sering terjadi pada siswa terutama dikalangan usia sekolah dasar.

Berlandaskan dari tujuan dan permasalahan tersebut, Irma Komala Dewi berupaya untuk mengembangkan adaptasi teknologi sebagai media pembelajaran digital kepada para siswa dan melaksanakan sosialisasi serta pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran digital kepada guru-guru SD Negeri Parakan II.

Adaptasi teknologi kepada para siswa dilakukan ketika pembelajaran berlangsung dengan menampilkan video animasi yang telah dibuat menggunakan beberapa aplikasi, salah satunya aplikasi Animaker. Penggunaan media pembelajaran digital menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa, hal ini juga meningkatkan minat dan semangat belajar siswa.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pada guru-guru terkait adaptasi teknologi sebagai media pembelajaran digital dilakukan secara daring. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini membahasa tentang apa saja aplikasi yang dapat digunakan, tujuan aplikasi tersebut dan cara pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi tersebut.

Sosialisasi dan pelatihan yang pertama adalah aplikasi animaker. Aplikasi ini dapat membuat video animasi yang dapat menyesuaikan keinginan dan kebutuhan kita. Yang kedua adalah pembuatan Quizizz, dan yang terakhir yaitu Google Form.

Pada kegiatan ini, diharapkan SD Negeri Parakan II dapat terus menerapkan pembelajaran berbasis teknologi atau digital sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung interaktif dan lebih memahami serta dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini.



Kabarkarawang.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri Kamu lewat link Berikut Menulis Artikel