Meningkatkan Kualitas Produk Para Pelaku UMKM Melalui Photgraphy, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNSIKA mengadakan acara Workshop Photography dan Design Promosi

Karawang, Di zaman yang serba digital saat ini, masyarakat dari seluruh dunia bahkan hampir tidak pernah lepas akan pandangannya terhadap layar monitor laptop dan handphone untuk dapat mengakses Internet dan bermedia sosial secara online. Mereka biasa mengakses internet seperti bagian dari kehidupan sehari-hari sebagai bahan pekerjaan, pembelajaran online,  acuan dalam mencari uang,  bentuk dasar melakukan pemasaran, dan lain sebagainya. 

mahasiswa Ilmu Komunikasi UNSIKA


Hal tersebut pun mempengaruhi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi dalam melakukan transaksi jual beli online, pemasaran online, serta persaingan foto-foto produk yang semakin pesat dengan tampilan-tampilan foto yang estetik dan menarik. 

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini mempunyai peran penting dalam membangun perekonomian di masyarakat. Demi meningkatkan kualitas produk UMKM dengan dapat dilakukan oleh berbagai cara, maka salah satu diantaranya yaitu melalui teknik photography dan design promosi. 

Untuk itu mahasiswa Ilmu Komunikasi UNSIKA pada Selasa, 10 mei 2022 merealisasikan terselenggaranya acara kegiatan “Workshop Photography dan Design Promosi” di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dengan tema mengenal basic photography food and products untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produk melalui photgraphy untuk UMKM se-Kab. Karawang. 

kualitas produk melalui photgraphy untuk UMKM se-Kab. Karawang


Kegiatan acara "Workshop Photography dan Design Promosi" untuk UMKM tersebut di kelola oleh mahasiswa/i program studi S1 Ilmu Komunikasi UNSIKA yang terdiri dari 6 orang anggota yang di antaranya yaitu, Nurul Aeni, Ririn Novita Dewi, Gusmiana Cahya Ningrum, Dicky Aditya Abdullah, Razbi Rahmatullah, dan Yoga Muhammad Ilham Samudera. 

Dengan tujuan guna membantu meningkatkan pengetahuan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) supaya lebih bisa bersaing dalam melakukan promosi melalui photography. Acara “Workshop Photography dan Design Promosi” ini juga di hadirin oleh Pak Tri Susanto., S.I.Kom., M.I.Kom., yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNSIKA yang juga membantu membimbing terselanggaranya kegiatan acara tersebut.

Dengan menggunakan teknik photography dalam bidang pemasaran maka akan menarik minat para konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan oleh UMKM. Adapun teknik photography yang digunakan yaitu teknik still life photography dengan di pimpin oleh pemateri yang bernama pak Oky Oxcygentri., S.Sos., M.M, yang mempunyai latar belakang pendidikan yang sangat baik dan keren. Pak Oky Oxcygentri atau akrab disapa Coach Mickey adalah dosen Fotografi Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Singaperbangsa Karawang sejak tahun 2018. 

Coach Mickey juga merupakan pendiri dari sebuah genre fotografi baru, yaitu ghost photography community. Sesuai dengan nama komunitasnya yaitu ghost photography community tentunya ghost photography community tersebut melakukan photography dengan pengambilan gambar yang objeknya adalah hantu atau makhluk astral sehingga Coach mickey sering di panggil ke stasiun televisi swasta untuk menyampaikan pengalaman dalam pengambilan gambar yang objeknya adalah hantu atau makhluk astral tersebut. 

materi mengenai teknik still life photography


Dalam memberikan materi mengenai teknik still life photography, coach Mickey menjelaskan bawa teknik pengambilan gambar untuk foto produk still life photography tersebut yaitu benda mati yang seolah-olah tampak hidup. Teknik foto still life photography ini menciptakan produk makanan yang terlihat biasa-biasa saja namun dapat terlihat seperti ingin langsung dimakan atau tampak menggugah selera yang melihatnya. 

Dalam pengambilan gambar produk minuman menggunakan teknik still life photography, coach Mickey juga memberikan pengetahuan mengenai teknik supaya suatu produk minuman dapat terlihat lebih segar. Dengan adanya contoh praktek yang benar dalam pengambilan foto produk tersebut, maka para UMKM atau para calon UMKM yang tergabung menjadi peserta dalam acara “Workshop Photography dan Design Promosi” dapat merealisasikan teknik photography still life sendiri dengan produk yang mereka miliki. 

Tidak hanya mendatangkan pemateri yang sangat keren dan hebat, acara "Workshop Photography dan Design Promosi" ini juga disponsori oleh PT. INACO, Fruity Salad, Surabi Bandung Kang Bayu, dan Rumah Salad yang mendukung terselenggaranya kegiatan acara "Workshop Photography dan Design Promosi" tersebut.

Acara workshop yang diadakan tentu memilki aksi sedikit untuk memberikan penerapan photography still life pada product yang ada atau pada product yang dimiliki oleh UMKM itu sendiri. Dengan memberikan contoh cara pengambilan foto still life dalam object, hasil foto yang benar dalam teknik foto still life. Tampilan dalam sebuah product sangatlah mempengaruhi keingintahuan para konsumen untuk tertarik mencobanya dan mendatangi product tersebut. Selain menarik perhatian para konusumen dalam bentuk tampilan, skill photography still life juga dapat mempengaruhi kualitas produkt di mata konsumen, karena pada dasarnya tampilan merupakan first impressions dan hal yang paling utama dimata para konsumen. 

Dalam pengambilan teknik photography still life sendiri dibutuhkan beberapa komponen agar gambar yang dihasilkan memuaskan dan tampak hidup seperti, pencahayaan “lighting”, property sebagai pendukung dari objek gambar, dan kru. Pada dasarnya dalam pengambilan teknik photography still life tidak bisa dilakukan oleh seorang diri, dibutuhkan beberapa orang yang di mana masing-masing individu ada yang bertugas untuk memotret objek, mengatur sumber pencahayaan “lighting” dan tata artistik agar photo terlihat lebih menarik dan tampak hidup. 

Posting Komentar